Sekretaris Utama Lemhannas RI Tekankan Pentingnya Peningkatan Kinerja Personel Lemhannas RI untuk Mendorong Lemhannas RI Menjadi Lebih Baik

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Upacara Rutin Pengibaran Bendera Merah Putih Bulan Februari bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, pada Senin (19/2). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Panca Putra menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh unit kerja yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik hingga jelang periode bulan Maret tahun 2024. Panca Putramengingatkan tantangan dan tugas ke depan akan semakin kompleks, yang dikaitkan dengan berbagai perkembangan geopolitik baik global, nasional, maupun regional, untuk dikaji dan diberikan kepada Presiden Republik Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, Panca Putra berharap agar penataan tema yang telah direncanakan oleh Deputi Bidang Pengkajian Strategik dapat segera direalisasikan dan dapat disusun bersama.

Lebih lanjut, Panca Putra mengingatkan tentang Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66 yang sedang berlangsung dan PPRA 67 yang akan segera dibuka pada bulan Maret 2024. Panca Putra menekankan kepada seluruh unit kerja agar mempersiapkan upacara dan kegiatan yang berkaitan dengan pembukaan pendidikan PPRA 67. Diharapkan juga Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI dapat terus menyelenggarakan pendidikan dengan baik, khususnya PPRA 66 yang saat ini sedang melaksanakan off campus.

Apresiasi juga disampaikan oleh Panca Putra kepada seluruh personel Lemhannas RI yang telah mendukung suksesnya pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Panca Putra berharap pelaksanaan kegiatan Pemilu 2024 terus didorong dan disukseskan bersama sehingga dapat memilih dan menentukan pimpinan negara Republik Indonesia ke depan. “Pesan saya, netralitas untuk lingkungan Lembaga Ketahanan Nasional RI menjadi suatu kewajiban yang harus terus kita pertahankan dan kita jaga bersama,” tegas Panca Putra.

Sejalan dengan hal tersebut, Panca Putra berpesan kepada Deputi Pengkajian Strategik untuk dapat terus melakukan pengkajian tentang konsolidasi demokrasi yang bisa dijadikan rekomendasi kepada Presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya, Panca Putra menyampaikan tentang pelaksanaan rapat tentang penyusunan kamus kompetensi kepemimpinan oleh Pusat Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional Lemhannas RI. Dalam kegiatan tersebut disepakati bahwa kompetensi kepemimpinan nasional menjadi standar yang akan digunakan dalam rangka melakukan asesmen kepada seluruh calon pemimpin nasional Republik Indonesia. “Saya berharap hasil kesepakatan kamus kompetensi tersebut segera kita tindak lanjuti baik melalui Peraturan Gubernur maupun merealisasikan mekanisme asesmen center yang akan kita laksanakan,” ujar Panca Putra.

Pada kesempatan tersebut, Panca Putra juga berpesan tentang upaya menjaga marwah Lemhannas RI melalui pembentukan dan penyusunan pohon ilmu ketahanan nasional yang akan ditindaklanjuti sebagai dasar untuk menyusun dan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di lingkungan Lemhannas RI. Diharapkan kepada tim pokja yang terlibat dapat segera memaparkan dan menyampaikan hasil dari penyusunan rencana kegiatan tersebut, sehingga pada semester pertama tahun 2024 dapat ditindaklanjuti menjadi Peraturan Gubernur sebagai dasar untuk mengukur kinerja semua unit kerja.

Tak lupa Panca Putra juga menegaskan kepada seluruh unit kerja untuk menindaklanjuti usulan anggaran tahun 2025 sesuai tugas pokok dan kinerjanya masing-masing.

Menutup amanat, Panca Putra mengajak seluruh personel Lemhannas RI untuk meningkatkan kinerjanya. “Saya berharap ke depan mari sama-sama terus meningkatkan kinerja dalam mendorong hasil kerja penilaian kinerja dari Kementerian PAN-RB untuk Lemhannas RI yang lebih baik,” pungkas Panca Putra mengakhiri amanatnya. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749