Rombongan Lemhannas RI Laksanakan Ziarah Makam Ir. Soekarno di Blitar dalam Rangka Hari Jadi Ke-58 Lemhannas RI

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto beserta jajaran pimpinan Lemhannas RI melakukan ziarah makam dan tabur bunga ke Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur pada Selasa (16/5). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi ke-58 Lemhannas RI yang jatuh pada 20 Mei 2023 mendatang.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang pengabdian Bung Karno serta mengingat kembali mandat yang diberikan saat Lemhannas RI didirikan. “Untuk mengenang jasa Bung Karno dalam mendirikan Lemhannas, untuk mengingat akar kami dan mandat kami,” kata Gubernur Lemhannas RI yang ditemui usai pelaksanaan ziarah makam dan tabur bunga.

Kegiatan ziarah makam dan tabur bunga ke Makam Bung Karno di Blitar merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Lemhannas RI dalam peringatan hari jadi tiap tahunnya. Hal ini merupakan bentuk penghormatan bagi Bung Karno sebagai sosok yang sangat berjasa dan penting bagi Lemhannas RI, serta salah satu bentuk upaya untuk merawat semangat, ide, dan pemikiran Bung Karno, terutama dalam bidang ketahanan nasional sebagai entitas bangsa dan negara.

“Lemhannas RI didirikan oleh Bung Karno pada 20 Mei 1965 dan diberi mandat untuk melakukan pendidikan kepemimpinan nasional serta melakukan kajian-kajian geopolitik,” ujar Gubernur Lemhannas RI. Mandat tersebut bertujuan agar calon-calon pemimpin nasional dapat memahami cara merumuskan strategi berdasar dinamika geopolitik yang dihadapi. Kini Lemhannas RI terus berupaya untuk selalu relevan dengan keadaan geopolitik sehingga dapat terus menjalankan mandat tersebut.

Gubernur Andi melakukan ziarah dan tabur bunga bersama pimpinan Lemhannas RI, yakni Wakil Gubernur Lemhannas RI Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Rudy Sufahriadi, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Marsekal Muda TNI Andi Heru Wahyudi, Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Kebangsaan Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, M.M., M.Tr.Opsla., dan para pejabat Struktural Lemhannas RI.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Marsetio Tahun 2012-2014, Rektor Universitas Sumatra Utara Prof. Dr. Muryanto Amin, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, Bapak Haryadi, Bapak Makmur Keliat, Bapak Iis Gindarsah, Ibu Dizar Sabana, dan Ibu Indah Lestari. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749