Gubernur Lemhannas RI Hadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dalam Rangka HUT Ke-76 RI secara Virtual

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dalam rangka HUT ke-76 RI dilaksanakan di Halaman Istana Mereka, Selasa (17/8). Upacara ini merupakan upacara kali kedua yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 sehingga diselenggarakan secara virtual. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo turut menghadiri upacara tersebut secara virtual dari Lemhannas RI.

Pada upacara tersebut Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara. Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani bertindak sebagai pembaca naskah Proklamasi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertugas menjadi pembaca doa.

Pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan dengan formasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Lengkap. Makna yang tersirat adalah harus selalu tangguh menghadapi setiap rintangan dan tumbuh berkembang menjadi bangsa yang unggul dalam kondisi sesulit apa pun. Tim yang bertugas dalam pengibaran bendera Merah Putih tersebut dinamakan Tim Indonesia Tangguh.

Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan Fly Pass Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara dengan delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon yang membentuk aero head fomation dan Penerbangan Giant Flight Merah Putih Underslung dengan call sign “Nusantara Flight” yang menggunakan enam pesawat helikopter. Turut hadir secara virtual pada upacara tersebut Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden ke-11 Boediono.


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749