Lemhannas RI Terima Buku Autobiografi Mayjen TNI Mar (Purn.) Dr. H. Yussuf Solichien M, M.B.A., Ph.D.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Utama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Brigjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P. mewakili Gubernur Lemhannas RI menerima dua judul buku yang ditulis oleh Mayjen TNI Mar (Purn.) Dr. H. Yussuf Solichien M, M.B.A., Ph.D. bertempat di Gedung Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jalan Medan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat, Rabu (10/02). Dua buku yang diluncurkan berjudul Against All Odds, Prajurit Marinir yang Menjadi Panglima Nelayan dan Peran Negara dalam Memberantas Illegal Fishing.

Kedua buku yang diluncurkan telah dicetak sebanyak 2.000 eksemplar dan kemudian dibagikan kepada beberapa lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia, di antaranya adalah Lemhannas RI, Sesko TNI, Seskoal, Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan, dan Universitas Nasional.

Buku Against All Odds, Prajurit Marinir yang Menjadi Panglima Nelayan merupakan autobiografi Mayjen TNI Mar (Purn.) Dr. H. Yussuf Solichien M, M.B.A., Ph.D. yang berisi pengalaman jatuh bangunnya dalam meniti karir di TNI Angkatan Laut hingga meraih pangkat Mayor Jenderal dan menjadi Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). Yussuf berharap autobiografinya dapat mewariskan motivasi kepada pembacanya, terutama kaum muda TNI, POLRI, dan ASN bahwa segala sesuatu dapat tercapai dengan syarat adanya kemauan. “Sejauh kita punya kemauan, tekad, semangat yang kuat, dan berdoa kepada Tuhan, pasti bisa,” tutur mantan Komandan Detasemen Jala Mengkara (Denjaka)  itu saat menyampaikan inti dari buku tersebut dalam sambutannya.

Selanjutnya, buku kedua yang diluncurkan secara bersamaan adalah Peran Negara dalam Memberantas Illegal Fishing. Buku tersebut dikonversi dari disertasi Yussuf saat menyelesaikan studi Strata-3 pada Program Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia. Buku tersebut menyoroti penyebab masih terjadinya illegal fishing, kebijakan negara dalam menghadapi illegal fishing, peran pemerintah, dan peran penegak hukum laut, khususnya TNI Angkatan Laut, dalam menangani permasalahan penangkapan ikan secara ilegal di laut Natuna.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749