Menggali Potensi Diri untuk Berkembang

Press Release

Nomor  : PR/55/XI/2021

Tanggal :  12/8/2021

Jakarta- Manusia memiliki potensi dalam diri masing-masing untuk mendukung pengembangan diri. Bahkan, potensi tersebut juga dimiliki oleh para penyandang disabilitas, contohnya penyandang tuna netra. Penyandang tuna netra tidak memiliki kemampuan untuk melihat, namun memiliki indera penciuman dan pendengaran yang tajam. Potensi tersebut digunakan oleh penyandang tuna netra untuk bertahan hidup. Namun, manusia memiliki pilihan untuk mau atau tidak mengembangkan potensi tersebut. 

"Kalau ditanya memang semua orang mampu? Mampu. Setiap manusia pasti dikasih kemampuan, bahkan teman-teman disabilitas sekalipun," kata Sugiarti Rosbak yang merupakan seorang professional coach pada kegiatan Seminar Motivasi dengan tema “Menggali Potensi, Menyatukan Visi, Membangun Negeri” di Lemhannas RI, (8/12)

Menurut Sugiarti, membangun hidup sama dengan membangun rumah. Semua hal memiliki fungsi, tujuan, dan harus saling berhubungan. Manusia merupakan arsitek dalam kehidupannya sendiri sehingga, tidak ada yang dapat menentukan jalan hidup atau tujuan hidup setiap manusia, selain dirinya sendiri.

"Kalau masalah mampu dan mau sebenarnya ada dua pengaruhnya, pengaruhnya dari diri sendiri dan juga dari lingkungan. Sebenarnya kita juga punya pilihan, mau dipengaruhi oleh diri sendiri atau kita mau dipengaruhi oleh lingkungan kita," kata Sugiarti.

Dalam Diagram Maslow, lanjut Sugiarti, ada lima hirarki kebutuhan manusia, yaitu Fisiologis, Rasa Aman, Sosial, Penghargaan, dan Aktualisasi Diri. Fisiologis adalah kemampuan paling dasar manusia yakni kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Setelah kebutuhan fisiologis terpuaskan, maka muncullah rasa aman. Kebutuhan rasa aman meliputi rasa aman fisik dan stabilitas seperti memiliki tabungan serta punya rumah.

Kemudian muncullah kebutuhan sosial, yaitu kebutuhan untuk disayangi. Selain itu ada juga kebutuhan akan penghargaan, misalnya saat mencapai titik tertentu, manusia ingin dihargai. Selanjutnya adalah aktualisasi diri, yaitu kebutuhan manusia untuk mengembangkan diri, namun tidak semua orang sampai di titik ini.

Oleh sebab itu, Sugiarti mengingatkan untuk mulai melihat potensi dan gunakan untuk inovasi, improvisasi, dan inisiasi, karena setiap orang memiliki potensi diri untuk berkembang. Sependapat dengan Sugiarti, Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan juga berharap setiap pegawai Lemhannas RI dapat membangkitkan dan meningkatkan semangat dalam bekerja. Semangat yang tinggi dari para pegawai dapat menghadirkan ide-ide baru untuk mencapai visi Lemhannas RI, yakni mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh dan juga mewujudkan cita-cita bangsa. "Lemhannas RI sebagai salah satu lembaga negara, memiliki tugas untuk menjaga ketahanan nasional yang tangguh dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional. Hal yang strategis ini takkan terwujud tanpa danya para pegawai yang kompeten, profesional, dan memiliki integritas tinggi," kata Wieko.

Menurut Wieko, peran ASN menjadi penting karena merupakan ujung tombak dari implementasi setiap kebijakan publik untuk kepentingan bangsa dan negara. "Saya ucapkan selamat ulang tahun kepada Korps Pegawai Republik Indonesia yang ke-50. Semoga kita semua dapat terus bersatu dan berkarya dalam rangka mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia Tumbuh," kata Wieko di akhir sambutannya.

Kegiatan seminar motivasi ini adalah menggali potensi diri pada masing-masing personel Lemhannas RI sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Selain itu juga dapat meningkatkan kinerja masing-masing personel Lemhannas RI untuk mencapai visi Lemhannas RI dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seminar motivasi yang diselenggarakan di Auditorium Gajah Mada Lemhannas RI ini diikuti oleh 249 personel Lemhannas RI yang terdiri dari ASN, TNI, dan Polri. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Deputi, Dewan Pengarah Korpri Lemhannas RI, dan Para Pejabat Lemhannas RI.

Adapun rangkaian kegiatan Semarak HUT ke-50 KORPRI yang sedang berlangsung antara lain, lomba yel-yel di Instagram, lomba paduan suara di IG TV, lomba Tiktok, dan beasiswa putra/putri berprestasi. Sedangkan kegiatan puncak akan dilaksanakan pada Senin, 13 Desember 2021 dengan rangkain acara sebagai berikut: senam bersama, pengumuman pemenang lomba, pemberian beasiswa putra/putri berprestasi, dan pembagian doorprize.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption: Seminar Motivasi dengan tema “Menggali Potensi, Menyatukan Visi, Membangun Negeri” dalam rangka Semarak HUT ke-50 KORPRI di Auditorium Gajah Mada Lemhannas RI.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749