Selamat Jalan Dr. Rosita

Press Release

Nomor  : PR/ 7/VII/2021

Tanggal :   13 Juli 2021

Jakarta- Lemhannas RI kehilangan salah satu putri terbaiknya, yaitu  Dr. Rosita S. Noer, M.A. Tenaga Profesional Bidang Geopolitik dan Wawasan Nusantara Lemhannas RI yang berpulang pada Minggu, 11 Juli 2021. 

Dr. dr. Rosita Noer, MA, yang bernama lengkap Rosita Sofyan Noer lahir pada 28 September 1947 di Padang Panjang, Sumatera Barat. Dr. Rosita adalah seorang dokter (ahli kesehatan), pengusaha, aktivis HAM dan politisi Indonesia mengabdi di Lemhannas RI sejak tahun 1997. Sosok pengajar cerdas dan kritis ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran UI, Fakultas Ekonomi UI, INSEAD dan Columbia University, International Relations JFK School of Government Harvard University, dan Alumni KSA VI Lemhannas RI 1996.

Ia juga pernah menduduki jabatan sebagai Anggota MPR RI, Pengurus ILUNI UI, Wakil Ketua Umum IKAL Lemhannas RI, Pengurus Kadin Indonesia.  Ia pernah duduk sebagai komisioner pada Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang pernah dibentuk pemerintah Indonesia untuk melakukan penyelidikan terhadap peristiwa Mei 1998. Sampai akhir hidupnya selain aktif di Lemhannas RI, Dr. Rosita juga memimpin sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bernama Organisasi Kesatuan Bangsa serta menjadi Ketua Kesatuan Forum Komunikasi Kesatuan Bangsa.

“Selama  24 tahun berkarya di Lemhannas RI, almarhumah menunjukkan dedikasi dan loyalitasnya yang luar biasa,” kata Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Agus melanjutkan, Dr. Rosita S. Noer dan Lemhannas RI merupakan dua entitas yang tidak dapat dipisahkan. Berbagai kegiatan Lemhannas RI, seperti Jakarta Geopolitical Forum turut menjadi saksi bagaimana integritas Dr. Rosita mencurahkan perhatian dan pemikirannya bagi Lemhannas RI.

“Berkali-kali dan kepada banyak pihak sebelum meninggal, almarhumah menyampaikan keinginannya untuk disemayamkan di Lemhannas sebelum dimakamkan,” lanjut Agus. Ingatan-ingatan soal obrolan serius dan candaan dengan Dr. Rosita juga terlintas di pikiran Wakil Gubernur Lemhannas RI, Marsdya TNI Wieko Syofyan. Ada dua kali almarhumah menyampaikan amanat terakhirnya, saat sedang bersama-sama mendampingi peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) dalam kegiatan Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) ke Rusia tahun 2019, dan tahun 2020 saat minum kopi bersama saat waktu senggang di di ruang kerja Wagub. “Beliau menyampaikan berharap sekali mendapat kesempatan untuk disemayamkan di Lemhannas RI apabila beliau wafat. Saya cukup tertegun mendengarnya dab segera mengalihkan pembicaraan karena saya tahu kalau kesehatan Beliau memang cukup serius untuk menjaganya dengan baik,” lanjut Wieko.

Akan tetapi, ketika berpulang ke pangkuan Tuhan YME pada tanggal 11 Juli 2021 lalu pemerintah tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan WFH 100 persen sehingga Lemhannas tidak dapat memenuhi keinginan almarhumah. Untuk itu, bentuk persemayaman dan penghormatan terakhir kepada Dr. Rosita diganti dengan lintasan terakhir kereta jenazah yang membawa jenazah almarhumah pada 12 Juni 2021 di halaman Gedung Trigatra, Lemhannas RI menuju pemakaman di Tanah Kusir, Jakarta.

Penghormatan terakhir diberikan oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., serta Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam dan Ketahanan Nasional Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A.

Selamat jalan menuju keabadian Dr. Rosita, beristirahatlah dalam damai. Kami akan selalu mengenang jasa-jasamu.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749