Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo Sampaikan Lima Hal Pada Anggota Lemhannas RI

Press Release

Nomor  : PR/  4 /V/2021

Tanggal :   20 Mei 2021

Jakarta – Pada peringatan HUT ke-56 Lemhannas RI, Gubernur Lemhannas RI,  Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyebutkan bahwa krisis bagi Indonesia belum usai, baik dari segi kesehatan, ekonomi dan sosial. “Pandemi Covid-19 yang berdampak pada aspek ekonomi dan sosial, bencana alam seperti dampak siklon tropis seroja di provinsi nusa tenggara timur, bahkan gangguan keamanan seperti serangan teroris yang masih terjadi di beberapa tempat, hal ini tentu menjadi keprihatinan kita semua,” kata Agus saat Upacara HUT ke-56 Lemhannas RI secara daring.

Selama 56 tahun perjalanan Lemhannas RI telah dipengaruhi dari berbagai dinamika politik yang terjadi dan kepemimpinan nasional di setiap eranya. “Ada satu hal yang membanggakan, yakni roh, semangat dan pengabdian Lemhannas RI yang tak pernah lekang dimakan waktu sejak berdiri hingga saat ini,” lanjut Agus di hadapan peserta upacara.

Namun demikian, Lemhannas RI masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki sehingga Lemhannas RI tidak menjadi menara gading. Gubernur mencermati, masyarakat luas terus menaruh harapan besar terhadap keberadaan dan peran Lemhannas RI untuk memelihara dan memperkuat wawasan kebangsaan berdasarkan Empat Konsensus Dasar Bangsa. Terkait hal tersebut, ada lima pesan Gubernur pada anggota Lemhannas RI, yaitu:

Pegang teguh dan pertahankan cita–cita luhur dan marwah Lemhannas RI sebagai pengawal jati diri, karakter dan persatuan bangsa berdasarkan Empat Konsensus Dasar Bangsa; Jaga komitmen dan konsistensi pengabdian Lemhannas RI selama ini dengan memperkuat soliditas dan kebersamaan berdasarkan semangat kegotongroyongan; Kembangkan budaya pemikiran strategis yang menjangkau keluar (outward looking) dengan tetap berpedoman pada jati diri bangsa dan kepentingan nasional; Cermati dan sikapi secara cerdas berbagai isu aktual yang berkembang, agar Lemhannas RI tidak terjebak dalam penyebaran berita bohong yang menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat. Tingkatkan efektivitas fungsi individu pembelajar sebagai rancang bangun menuju pembangunan organisasi pembelajar, tingkatkan daya kritis berpengetahuan untuk meningkatkan kualitas pengabdian kita.

Peringatan HUT ke-56 Lemhannas RI yang mengangkat tema “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam Pemulihan Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Nasional” tersebut diikuti secara daring oleh seluruh anggota Lemhannas RI, peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 23. Adapun rangkaian  peringatan HUT Lemhannas RI adalah  ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, jam pimpinan, berbagai lomba seperti vlog Ketahanan Nasional dan paduan suara,  lomba administrasi dan reformasi birokasi,  gelar output unit kerja, upacara dan syukuran, serta Peresmian Monumen Bung Karno di halaman depan Lemhannas RI.

 

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749