Ditjian Hankam dan Geografi Lemhannas RI Selenggarakan Kajian Pertahanan Darat dalam Menghadapi Spektrum Perang Masa Depan

Direktur Pengkajian Pertahanan Keamanan dan Geografi Deputi Bidang Pengkajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) kajian urgent dan cepat tentang “Arah Pembangunan Kekuatan Pertahanan Darat Menghadapi Spektrum Ancaman Perang Masa Depan dalam Rangka Membentuk Pertahanan Indonesia” bertempat di Ruang Kresna, Gedung Astagatra, pada Rabu (1/3).

Dalam laporannya, Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. menyampaikan bahwa FGD tersebut merupakan salah satu kegiatan pengkajian strategik Lemhannas RI yang mengkaji pertahanan darat dalam menghadapi spektrum perang masa depan.

Sejalan dengan hal tersebut, kajian ini penting untuk dilakukan guna memberikan gambaran tentang perkembangan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya.

Penyelenggaraan FGD tersebut dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto. Mengawali sambutannya, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo meminta rencana perubahan organisasi angkatan darat.

“Kami kemudian menyarankan agar kajian yang kami lakukan tidak spesifik tentang organisasi angkatan daratnya, tapi juga memberikan pertimbangan strategis tentang perkembangan kekuatan darat,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Pada dasarnya, ada tiga hal yang harus dilihat, yakni perkembangan strategis dinamika yang signifikan, ancaman dan kemunculan teknologi baru. Gubernur Lemhannas RI mengungkapkan jika tiga hal tersebut berubah secara signifikan, maka hal pertama yang harus diubah adalah mengubah doktrin, organisasi, strategi, sampai ke alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Dalam putaran pertama FGD tentang pembangunan kekuatan pertahanan darat ini, Lemhannas RI akan berusaha menemukan pertimbangan strategis, ancaman dan juga teknologi pada doktrin organisasi angkatan darat.

Bertindak sebagai fasilitator dalam FGD tersebut adalah Direktur Pengkajian Hankam dan Geografi Lemhannas RI Marsma TNI Rolland Dulista G. Waha.

Hadir sebagai narasumber, yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI Laksda TNI Hery Puranto, S.E., M.M., Asisten Perencana (Asrena) Kepala Staf TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Kasuri, Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia Kantor Staf Presiden Dra. Jaleswari Pramodhawardani, M.Hum., Deputi IV Bidang Koordinator Pertahanan Negara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr. (Han)., dan Ketua Bidang Pengkajian/Pusat Studi Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) Letjen TNI (Purn) Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749