PPSA 24 Lemhannas RI Lakukan Studi Strategis ke Provinsi Kalimantan Selatan

Press Release

Nomor  : PR/ 39 / VII /2023

Tanggal:   10 Juli 2023

Kalimantan Selatan-Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah bersama peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 24 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 14 Juli 2023.

Salah satu objek kunjungan SSDN PPSA 24 Lemhannas RI di Kalimantan Selatan adalah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada Senin (10/7). Kunjungan itu diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor di Ruang Rapat Abrani Sulaiman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.

Dalam kunjungan SSDN tersebut, Wakil Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa PPSA merupakan salah satu program pendidikan untuk calon pimpinan masa depan.

Diharapkan para peserta dapat mempelajari, memahami, dan mengkaji potensi serta permasalahan di daerah tujuan. Potensi dan permasalahan tersebut ditinjau dari aspek astagatra dalam sudut pandang ketahanan nasional.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor juga menyampaikan beberapa program pembangunan yang mendukung akselerasi dan pencapaian visi Kalsel, “Kalsel Maju, Kalimantan Selatan Makmur, Sejahtera, dan Berkelanjutan”.

Secara spesifik, fokus pembangunan di Kalimantan Selatan mencakup sumber daya manusia, Pembangunan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, peningkatan sektor pendidikan dan kesehatan, serta pelestarian lingkungan hidup.

Selain Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, para peserta juga mengunjungi enam objek kunjungan, di antaranya, Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), PT Arutmin Batu Bara, Pemerintah Kota Banjarmasin, Mapolda Kalimantan Selatan, Korem 101/Antasari, dan Produk Unggulan Rotan dan UMKM di Lianganggang.

SSDN ke Provinsi Kalimantan Selatan diikuti oleh 20 peserta PPSA 24 dan didampingi oleh Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sosial Budaya Lemhannas RI Irjen Pol Drs. Mochammad Yasin, Tenaga Profesional Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas RI Dr. Ir. Vita DD Soemarno, M.M., beserta staf Lemhannas RI.

Melalui kegiatan ini dan sebagai kader pimpinan tingkat nasional, para peserta diharapkan dapat memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan mendapatkan gambaran tentang kondisi ketahanan nasional serta kemajuan pembangunan nasional di daerah tujuan.

SSDN PPSA 24 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Bengkulu dengan peserta serta pendamping yang berbeda..

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Peserta PPSA 24 melaksanakan SSDN ke Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749