PPSA 24 Lemhannas RI Laksanakan Studi Strategis ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Press Release

Nomor  : PR/ 38 / VII / 2023

Tanggal:  10 Juli 2023

Yogyakarta- Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto bersama peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 24 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 14 Juli 2023.

 

Salah satu objek kunjungan SSDN PPSA 24 Lemhannas RI di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Pemerintah Daerah Provinsi D.I.Yogyakarta yang dilaksanakan pada Senin (10/7). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

 

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa para peserta PPSA 24 yang berasal dari TNI, Polri, Lembaga Negara, Kementerian, Organisasi Kemasyarakatan, dan Badan Usaha ini sedang melaksanakan pendidikan kepemimpinan di Lemhannas RI

 

“Mereka masuk Lemhannas untuk mendapatkan pendidikan kepemimpinan, sehingga diharapkan untuk PPSA dalam tiga, empat tahun ke depan mereka akan menduduki jabatan–jabatan strategis bintang 2, bintang 3, bintang 4 di TNI Polri dan juga jabatan eselon 1 di level direktur utama,” kata Gubernur Lemhannas RI.

 

Melalui kunjungan ini, Gubernur Lemhannas RI juga berharap agar para peserta dapat menimba ilmu dan mencari pengetahuan-pengetahuan baru tentang pengelolaan Yogyakarta sebagai salah satu daerah istimewa. Selain harus bisa mengoptimalkan kekhasan Yogyakarta, pengelolaannya juga dipadukan dengan tantangan-tantangan yang dihadapi ke depan.

 

Gubernur Lemhannas RI dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa para peserta PPSA 24, diminta untuk fokus mengkaji lima isu arahan Presiden RI, antara lain, Konsolidasi Demokrasi, Transformasi Digital, Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, dan Ibu Kota Nusantara.

 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur D.I.Yogyakarta juga menyampaikan harapannya agar Indonesia memiliki ocean policy untuk menghadapi dan menyelesaikan berbagai tantangan maritim yang saat ini sering terjadi hingga tantangan di masa mendatang sehingga dapat membantu Indonesia dalam membangun hubungan maritim, baik secara regional maupun internasional.

 

Selain Pemerintah Daerah Provinsi D.I.Yogyakarta, para peserta juga mengunjungi sembilan objek kunjungan, antara lain, Keraton Yogyakarta, Polda D.I.Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Kantor Bupati Kabupaten Sleman, Kantor Bupati Kabupaten Bantul, Desa Wisata Kasongan Bangunjiwo, Pabrik Batik Paradise, Museum Dirgantara, serta Monumen Yogya Kembali.

 

SSDN ke Provinsi D.I.Yogyakarta diikuti oleh 20 peserta PPSA 24 dan didampingi oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Pertahanan dan Keamanan Lemhannas RI Marsda TNI Kustono, S.Sos., Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Pertahanan dan Keamanan Lemhannas RI Irjen Pol Drs. Gusti Ketut Gunawa, M.M., CfrA., Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang Pertahanan dan Keamanan Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., beserta sejumlah staf Lemhannas RI.

 

Melalui kegiatan ini dan sebagai kader pimpinan tingkat nasional, para peserta diharapkan dapat memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan mendapatkan gambaran tentang kondisi ketahanan nasional serta kemajuan pembangunan nasional di daerah tujuan.

 

SSDN PPSA 24 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Bengkulu dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Peserta PPSA 24 saat melaksanakan SSDN ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749