Lemhannas RI bersama UT dan UID Rencanakan Massive Open Online Courses

Lemhannas RI bersama Universitas Terbuka (UT) dan United In Diversity (UID) bekerja sama menyelenggarakan rapat membahas Massive Open Online Courses (MOOCS) dalam rangka melanjutkan misi kelompok kerja nasional, pada Jumat (28/6) di Ruang Nusantara 2, Gedung Trigatra Lantai 1.

MOOCS merupakan kelanjutan dari upaya-upaya pada tahun 2018 dan diharapkan dapat berkembang secara masif. Salah satu cara untuk memasifkannya adalah melalui teknologi dengan pembelajaran daring yang dapat dilakukan jarak jauh dan ditempatkan pada MOOCS dimana dilakukan selama empat minggu dan setiap minggunya disediakan materi melalui video, bimbingan belajar melalui jurnal dan tugas serta diskusi kelompok kecil.

Univesitas Terbuka sendiri sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan pembelajaran jarak jauh selama 30 tahun. Memiliki alumni transformation-oriented talents (TOT), yang diselenggarakan pada 2018, UT yakin bahwa alumni-alumni TOT merupakan aset-aset yang sudah tersebar diberbagai instansi dan organisasi pemerintah yang diharapkan dapat menjadi agen transformasi untuk memperkokoh pemahaman atas kapasitas pemimpin nasional yang mampu bermanuver di era ekonomi digital. Namun para alumni membutuhkan alat bantu, dengan menempatkan program Making Indonesia 4.0 secara daring, maka akses alumni mendapatkan materi sebagai alat ajar akan semakin terbuka.

Tujuan program MOOCS adalah untuk penguatan kapasitas pemimpin Indonesia dalam mendukung pencapaian peta jalan Making Indonesia 4.0 dan diharapkan membangun para pemimpin dan talenta untuk mengedepankan transformasi yang mampu mendorong percepatan lompatan pencapaian Making Indonesia 4.0 dan pembangunan yang bekelanjutan dan berkeadilan lewat gotong royong dan membangun solusi yang inovatif.

Disisi lain, seorang pemimpin nasional juga harus berdasar pada 4 konsensus dasar bangsa, mampu menggunakan kecerdasan pemikiran, tangan dan hati, mampu membangun jejaring lintas sektor dan lintas disiplin, mampu berpikir strategis dan berpikir makro, literat pada big data dan teknologi, mampu menciptakan ruang kerja yang bisa menumbuhkembangkan dengan berorientasi masa depan, serta menguasai teknik berkomunikasi dengan dialog.

Program MOOCS sendiri terfokus pada 3 program yaitu pemimpin berkepribadian nasional yang sasaran kompetensinya adalah kepemimpinan yang berbasis pada empat konsensus dasar bangsa, selanjutnya adalah pemimpin yang memiliki kemampuan literasi data dan teknologi dimana dapat menjelaskan pentingnya kemampuan infrastruktur perekonomian abad 21 yang sangat dipengaruhi teknologi dan big data, dan yang terakhir adalah pemimpin yang memiliki system thinking dan theory U.

Diharapkan apa yang sudah diupayakan di tahun 2018 dan dilanjutkan di tahun 2019 menghasilkan berkembangnya agen tranformasi yang berpengaruh di organisasi masing-masing, pemimpin yang berpotensi menjadi fasilitas nasional, dan patriot transformasi yang mampu membuat prototipe inovasi.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749