Konferensi Pers: Kebudayaan Indonesia dalam Dimensi Kekinian dan Perspektif Masa Depan”

Lemhannas RI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Forum Gelora Kebangsaan akan menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk Seminar Nasional Kebangsaan “Kebudayaan Indonesia dalam Dimensi Kekinian dan Perspektif Masa Depan”, Rabu dan Kamis (3-4/7) mendatang. Konferensi pers digelar sebelum pelaksanaan seminar dimulai. Didampingi oleh Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Sugeng Santoso dan Koordinator Forum Gelora Kebangsaan Witaryono Reksoprodjo, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menggelar konferensi pers tentang seminar tersebut, Senin (1/7), di Ruang Syaleindra Gedung Astagatra Lantai 3.

 

Berdasarkan pada pasal 32 Ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya” ketiga instansi tersebut menyadari pentingnya kemampuan kebudayaan sebuah bangsa dalam menjawab tantangan zaman dengan menyelenggarakan seminar kebangsaan ini.

 

“Usaha untuk memajukan kebudayaan nasional bukanlah pekerjaan yang mudah karena situasi kemanusiaan yang saat ini dihadapi baik keadaan internal maupun tantangan yang berasal dari luar terjadi dengan dinamis” ujar Agus. Melihat keadaan tersebut ketahanan nasional harus ditopang oleh unsur-unsur kekuatan nasional yang salah satunya adalah faktor sosial dan budaya yang didalamnya terdapat pendidikan kebudayaan yang akan mencerdaskan kehidupan bangsa, keadaan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan nilai-nilai kebudayaan.

 

Aspek kebudayaan merupakan ujung tombak yang perlu diperkuat dan faktor kebudayaan adalah lini utama dalam penguatan sumber daya manusia dalam rangka membangun karakter bangsa di masyarakat. Fokus gerakan ini terbagi menjadi dua hal yaitu mengaruskan pembangunan mental dan karakter sumber daya manusia Indonesia serta yang kedua adalah menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa untuk mengokohkan Indonesia sebagai bangsa yang berdaya tahan dan mandiri.

 

Diketuai langsung oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilman Farid seminar tersebut akan diadakan di Hotel JS Luwangsa, Jakarta dan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada 3 dan 4 Juli. Pada hari pertama tema yang dibawakan adalah “Temu Kebudayaan” sedangkan pada hari kedua adalah “Aksi Kebudayaan”. Tokoh-tokoh yang akan hadir memiliki beragam latar belakang diantaranya adalah Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, CEO Go-Jek Nadiem Makarim, dan Budayawan Mohamad Sobary.

 

Dengan diselenggarakannya kegiatan  Seminar Nasional Kebangsaan “Kebudayaan Indonesia dalam Dimensi Kekinian dan Perspektif Masa Depan” diharapkan dapat mengembangkan secara konsisten nilai-nilai strategis yang dapat membangkitkan berbagai aspek kehidupan masyarakat,  yang akan mengangkat harkat dan martabat manusia Indonesia.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749