Walikota Risma Berbagi Ilmu di PPRA LIX

Walikota Surabaya Tri Rismaharini, berkesempatan menjadi penceramah di hadapan pesera PPRA59 Lemhannas RI, Senin (26/03), di Ruang NKRI Gedung Pancagatra Lt.3. Risma dengan gayanya yang serius tetapi santai memaparkan kinerja pemerintahan kota (pemkot) Surabaya selama di bawah kepemimpinannya, terutama masalah penutupan lokalisasi Gang Dolly yang sempat menjadi isu nasional dan Kota Surabaya yang sukses dengan pelaksanaan smart city.

Menurut Risma, penutupan lokalisasi Gang Dolly bukanlah perkara yang mudah. Seperti yang diketahui bersama, banyak sekali penentangan dan bahkan ancaman bom yang ditujukan kepada walikota Surabaya. “Kerusakan anak-anak (di dolly) jauh lebih bahaya daripada apapun. Resiko harus saya ambil, meski saya mati,” ungkap Risma kepada peserta PPRA LIX.

Untuk menangani anak-anak eks lokalisasi, Risma juga telah membuat sebuah program komprehensif. Anak-anak tersebut disekolahkan gratis di SD negeri manapun. Mereka juga mendapatkan bimbingan konseling yang dibantu psikolog dan psikiater secara rutin. “Agar konseling ini tepat sasaran, dilakukan screening, yang kondisi parah, dipisahkan dan diminta ke shelter. Yang lainnya yang tidak parah dipantau, dibangunkan lapangan, taman bermain. Ada relawan yang memantau,” jelas Risma.

Terkait dengan smart city yang dilakukan oleh pemkot Surabaya, Risma membagikan tips bahwa semua software yang digunakan bukanlah buatan pihak luar, melainkan buatan ASN sehingga menekan biaya yang lumayan banyak.

 “Semua software buatan dari ASN, tidak ada satupun kami beli. Kalau membeli, pertama tidak punya duit. Kalau beli, source program-nya biasanya tidak bisa dikembangkan. Harus manggil orang atau bayar lagi kalau beli. Anggaran darimana? Itulah alasannya menjadi murah, semua dikerjakan sendiri,” tambahnya.

Risma juga mengungkapkan karena strateginya ini, kini Surabaya mempunyai sistem CCTV (Closed Circuit Television) di sejumlah tempat yang dilengkapi dengan e-tilang, face recognition, hingga voice atau pengeras suara yang langsung terhubung dengan ruang kendali Surabaya Intellegent Transport System (SITS).



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749