Agus Widjojo Berikan Materi Kepemimpinan Kepada Para Peserta PPRA LIX

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo memberikan materi kepemimpinan kepada para peserta PPRA LIX hari ini, Rabu (27/3), di Ruang NKRI, Gedung Pancagatra Lt. 3. Lemhannas RI. dalam kesempatan tersebut, Agus Widjojo membawakan materi kepemimpinan dengan tema “Pimpinan Indonesia Yang Berkarakter Bangsanya” untuk para peserta PPRA LIX yang terdiri dari berbagai unsur dan latar belakang disiplin ilmu.

Sebelum memulai isi materi yang akan disampaikan, Agus Widjojo menjelaskan bahwa paparan materi yang akan disampaikan tidak hanya sekedar menyampaikan isi dari materi tersebut, namun merupakan diskusi dengan para peserta PPRA LIX.

Agus Widjojo menyampaikan bahwa kepemimpinan merupakan sebuah proses dimana seorang pemimpin dapat mengajak seluruh orang yang ia pimpin melaksanakan tugas organisasi. Selain itu, Agus Widjojo dalam paparannya mengenai makna dari kepemimpinan juga mengungkapkan bahwa kepemimpinan juga dapat diartikan sebagai sebuah inti dinamis yang memotivasi dan mengkordinasikan organisasi guna mencapai tujuan. Agus Widjojo mengungkapkan bahwa Lemhannas RI merupakan lembaga pendidikan tertinggi, maka dari itu diharapkan pada peserta PPRA LIX mempunyai pengalaman kepemimpinannya masing-masing untuk dapat disampaikan dalam diskusi kali ini.

Dalam mempimpin, Agus Widjojo memaparkan, seorang pemimpin haruslah mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga dapat menciptakan kebersamaan di dalam sebuah organisasi. Kepemimpinan hendaknya juga tidak bersikap bersifat absolut. Dalam menghadapi perubahan-perubahan situasi yang tidak menentu dalam kepemimpinan, seorang pemimpin haruslah memahami dan mampu mengidentifikasi situasi saat itu sehingga seorang dapat mengambil keputusan gaya kepemimpinan seperti apa yang harus dilakukan.

Sebelum menutup sesi materi kepemimpinan, Agus Widjojo menyimpulkan bahwa berfikir strategis dapat diartikan bahwa kita harus dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan karena pemimpin harus dapat membaca situasi yang akan terjadi terutama pada faktor ekternal sehingga dapat menjaga komunikasi yang efektif.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749