Lemhannas RI Tandatangani Memorandum Saling Pengertian dengan Kementerian Agama Republik Indonesia dan Universitas Semarang

Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyampaikan sambutannya saat penandatanganan memorandum saling pengertian antara Lemhannas RI dengan Kementerian Agama Republik Indonesia dan Universitas Semarang (USM) bertempat di Gedung Trigatra Lt. I, Lemhannas RI (15/3).

 “Memorandum Saling Pengertian antara Lemhannas RI dengan Kementerian Agama Republik Indonesia dan Universitas Semarang, merupakan wujud komitmen bersama untuk menjalin kerja sama,” kata Agus Widjojo.

Memorandum saling pengertian tersebut, mencakup beberapa bidang yaitu, bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan; pelaksanaan pengkajian, penelitian dan pertukaran informasi dalam rangka pengukuran ketahanan nasional; pertukaran tenaga ahli/pakar/akademisi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan; serta bidang lain sesuai kebutuhan yang disepakati para pihak.

Agus Widjojo juga menyampaikan harapannya bahwa dengan telah ditandatanganinya memorandum saling pengertian tersebut,diharapkan adanya implementasi dalam kegiatan nyata secara konsisten terkait dengan bidang-bidang yang ada di dalam ruang lingkup yang di kerjasamakan.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin berharap penandatanganan memorandum saling pengertian ini, ketiga institusi dapat saling bertukar narasumber dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan yang luas dan lebih mendalam terkait dengan hal-hal yang menyangkut wawasan kebangsaan dan kecintaan kepada tanah air. Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa para penggiat agama perlu untuk dibekali dengan wawasan kebangsaan yang kuat.

Rektor Universitas Semarang Andi Kridasusila juga menyampaikan bahwa ketiga institusi, Lemhannas RI, Kementerian Agama, serta Universitas Semarang, memiliki elemen-elemen yang bisa menyampaikan hal-hal baik di masyarakat.

Dalam waktu dekat, kerja sama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia akan di laksanakan pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan dengan peserta kurang lebih 100 orang, oleh Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI.

Sedangkan bersama Universitas Semarang akan dilaksanakan pelatihan yang sama untuk para pengajar/dosen dan staf serta mahasiswa, di mana dalam pelaksanaannya akan di gabungkan dengan institusi lain guna memenuhi kuota kelas yang tersedia.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749