Lemhannas RI Gelar Upacara Bendera Dalam Rangka HUT ke-48 KORPRI

Lemhannas RI melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, Jumat (29/11). Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya Wieko Syofyan selaku inspektur upacara membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo selaku Penasihat Nasional KORPRI.

Dalam sambutan tersebut tertulis bahwa Presiden RI Joko Widodo menyampaikan salam sekaligus apresiasi khusus pada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolasi. Joko Widodo menegaskan bahwa anggota KORPRI adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. “Terima kasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat, bangsa dan negara,” ujar Wieko membacakan sambutan.

Selanjutnya Wieko menyampaikan bahwa sekarang dunia berubah dengan cepat dan persaingan antarnegara juga semakin sengit. Perubahan dan persaingan tersebut harus dihadapi dengan cara baru dan terobosan baru. Kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci. Cara-cara lama yang dan tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. “Saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk terus menerus melakukan inovasi,” lanjut Wieko. Lebih lanjut dibacakan bahwa pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan menyulitkan rakyat harus dipangkas, karena kecepatan melayani merupakan kunci reformasi birokrasi. Orientasi birokrasi harus berubah, yakni bukan lagi berorientasi pada prosedur melainkan berorientasi pada hasil nyata.

Kemudian Wieko juga mengatakan bahwa tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik serta program-program pembangunan betul-betul diterima dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Melayani sekedarnya saja tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan. “Dengan kemajuan teknologi, cara kerja birokrasi juga harus berubah,” jelas Wieko.

“Kita harus optimis menatap masa depan,” ajak Wieko. Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengimbau agar KORPRI percaya diri dan bersatu dalam menghadapi tantangan kompetisi global. Dengan persatuan dan kesatuan adalah pengikat untuk menuju Indonesia maju. Wieko menyerukan ajakan Presiden RI Joko Widodo agar anggota KORPRI yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagai satu saudara sebangsa dan setanah air.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749