Academy Military Science (AMS) of The People's Liberation Army (PLA) kunjungi Lemhannas RI

Wakil Direktur Bagian Umum Academy Military Science (AMS) of The People's Liberation Army (PLA) Mayor Jenderal Zhang Zhenjian beserta oleh lima orang delegasi (AMS) (PLA) mengunjungi Lemhannas RI pada Senin (23/9). Academy Military Science (AMS) adalah lembaga penelitian tertinggi dari People’s Liberation Army (PLA).

Kunjungan ini diterima langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan didampingi oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Deputi Kerja Sama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto, S.IP., S.H., M.A., Kepala Biro Kerjasama Lemhannas RI Laksma TNI Budi Setiawan, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Brigjen TNI Sugeng Santoso, serta jajaran pimpinan Lemhannas RI lainnya di Ruang Nusantara II, Gedung Trigatra, Lemhannas RI.

“Saya yakin kunjungan AMS ke Lemhannas RI adalah pertanda bagus dari kedekatan kedua institusi dan negara,” ujar Agus Widjojo. Agus berharap dapat mengetahui lebih lanjut rencana dan rekomendasi Tiongkok menganai situasi Laut Cina Selatan dan perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat. 

Selain itu, Agus juga menyatakan bahwa Lemhannas RI ingin mempelajari lebih dalam mengenai penulisan konsep-konsep pendekatan pertahanan dan keamanan dari AMS. “Saya yakin bahwa kunjungan hari ini akan menjadi batu loncatan bagi kedua lembaga ini untuk berbagi pengetahuan mengenai studi strategis,” ujar Agus.

Kemudian Tenaga Profesional Bidang SKA (Sumber Kekayaan Alam) dan Tannas Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A. menjelaskan bahwa Lemhannas RI dipimpin oleh seorang Gubernur dan memiliki 3 kedeputian yaitu Kedeputian Pendidikan, Kedeputian Pengkajian, dan Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. 

“Lemhannas RI melaksanakan 2 program pendidikan yaitu Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA),” ujar Dadan menjelaskan program pendidikan di Lemhannas RI. Dadan juga menyebutkan bahwa Lemhannas RI memiliki pusat laboratorium pengukuran ketahanan nasional. 

Kunjungan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penukaran plakat antara Academy Military Science (AMS) of The People's Liberation Army (PLA) dan Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749