National Defence College India Kunjungi Lemhannas

Delegasi National Defence College (NDC) India melakukan kunjungan ke Lembaga Ketahanan Nasional RI, Senin (27/5). Kunjungan dipimpin oleh Mayor Jenderal Harkirat Singh didampingi oleh 14 delegasi lainnya. Delegasi diterima langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang didampingi oleh Wakil Gubernur Marsekal Madya Wieko Sofyan, Kepala Biro Kerja Sama Laksma TNI Budi Setiawan, S.T serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat Brigjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P.


Diawali dengan courtesy call Agus menyampaikan terima kasih atas kunjungan NDC India ke Lemhannas RI. Dalam kesempatan tersebut Mayjen Harkirat Singh menanyakan mengenai Pemilihan Umum yang telah berlangsung dengan sukses. Agus menjelaskan bahwa keadaan demokrasi Indonesia yang dapat menghasilkan pemilu yang sukses bukanlah perjalanan yang mudah.


Setidaknya ada 2 tantangan dalam demokrasi Indonesia, yang pertama adalah untuk menyamakan persepsi dari demokrasi yang sesungguhnya karena Indonesia masih mendambakan kepemimpinan yang kuat dan efektif, yang kedua adalah menjadikan masyarakat nyaman dan mengenal karakter berdemokrasi karena pada dasarnya demokrasi adalah proses yang akan berjalan terus menerus.


Setelah berbincang Gubernur, delegasi NDC India melakukan diskusi tentang sistem pemerintahan Indonesia dan lingkungan strategis regional dengan pemateri Tenaga Profesional Bidang SKA (Sumber Kekayaan Alam) dan Tannas Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A. Dalam Diskusi ini dihadiri perwakilan peserta PPRA 22 dan PPSA 59 Lemhannas RI.Lawatan rombongan NDC ke Lemhannas ditutup dengan mendatangi Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional (Labkurtannas) Lemhannas RI untuk melihat bagaimana sistem pengukuran ketahanan nasional.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749