Kedutaan Besar Rusia Diskusikan Kerja Sama dengan Lemhannas RI

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva didampingi oleh Perwakilan Atase Pertahanan Federasi Rusia Captain (N) S. Zhevnovatyy lakukan kunjungan ke Lemhannas RI, Selasa (16/4). Kunjungan tersebut disambut oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Ruang Tamu Gubenur, Gedung Trigatra, Lt.I, Lemhannas RI.

Vorobieva menyampaikan rencana kerja sama yang akan dilakukan antara dua institusi yaitu Lemhannas RI dengan Akademi Militer Staf Umum Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (The Military Academy of the General Staff of the Armed Forces of the Russian Federation). Vorobieva mengatakan bahwa institusi tersebut adalah sebuah institusi yang bergengsi di Rusia.

Beberapa kerja sama yang mungkin dapat dilakukan di masa depan, jelas Vorobieva, adalah pertukaran staf pengajar dan staf ahli dari Akademi militer Rusia tersebut ke Lemhannas RI untuk memberikan kuliah umumm kepada para peserta pendidikan di Lemhannas RI dengan topik actual dan menarik.

Selain melakukan pertukaran staf pengajar dan staf ahli, Vorobieva juga mengusulkan adanya petukaran peserta pendidikan dari akademi militer Rusia tersebut ke Lemhannas RI dan juga sebaliknya. “Akan sangat menarik jika peserta pendidikan di akademi militer di Rusia dapat mengunjungi Lemhannas dan juga sebaliknya karena generasi muda kita adalah masa depan kita sehinggas saya rasa sangat tepat untuk membengun kerja sama seperti ini,” jelas Vorobieva.

Vorobieva juga mengusulkan kemungkinan adanya kerja sama untuk membuat kelompok kerja untuk menganalisis isu-isu internasional yang terkait dengan kedua institusi. Lebih lanjut Vorobieva juga mengundang staf Lemhannas RI ke Rusia untuk menghadiri internasional seminar dan konferensi di Rusia.

“Saya rasa hal-hal tersebut adalah beberapa bentuk kerja sama di masa depan yang dapat dilakukan oleh kedua institusi. Kerja sama tersebut dapat memajukan kerja sama bilateral antara dua institusi dan juga antara Rusia dan indonesia,” ujar Vorobieva.

Agus Widjojo menanggapi hal tersebut dengan positif. “Terimakasih atas tawaran dan undangan yang telah diberikan. Rusia adalah negara besar. Merupakan hal yang sangat menarik bagi negara lain untuk melakukan kerja sama dengan Rusia,” kata Agus Widjojo.

Langkah termudah untuk memulai kerja sama, jelas Agus Widjojo, adalah dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara dua Institusi yaitu Lemhannas RI dan Akademi Militer Staf Umum Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

“Sebuah kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan dan memperdalam hubungan bilateral antar kedua institusi dan juga hubungan bilateral antara kedua negara,” jelas Agus Widjojo.

Dalam Kunjungan tersebut, Gubernur Lemhannas RI didampingi oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Sugeng Santoso, S.IP., serta Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Lemhannas RI Kolonel Lek Rujito D. Asmoro, Gdipl In DS., M.A., RCDS.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749