Plt. Deputi Kebangsaan Lemhannas RI Menjadi Narasumber dalam Podcast Meja Makan

“Mari kita melihat bahwa bangsa ini adalah bangsa milik kita, untuk kita, yang mengelola adalah kita,” kata Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc. saat berkesempatan menjadi narasumber pada “Podcast Meja Makan” bertempat di Gedung Ratu Prabu, pada Jumat (8/3). Podcast tersebut mengangkat tema “Kaderisasi Kepemimpinan Lemhannas dan Dinamika Global”.

Acara yang dipandu oleh Bayu Putra dan Kris Budihardjo tersebut mengajak masyarakat mengenal lebih dekat tentang Lemhannas RI. Rido Hermawan menyampaikan bahwa Lemhannas RI dibentuk atas inisiatif Presiden Soekarno. Presiden Soekarno ingin para pemimpin di Indonesia memiliki karakter dan wawasan geostrategi dan geopolitik. Para pemimpin tersebut akan dibentuk dan dididik menjadi pemimpin strategis nasional yang tidak boleh tercabut dari akar kebangsaan, namun tetap berwawasan global dan mampu membuat desain pembangunan berkelanjutan.

Dalam perjalanannya, lanjut Rido Hermawan, nilai kebangsaan dinilai juga penting bagi seorang pemimpin yang akan menjalankan kepemimpinan, maka hadirlah Deputi Bidang Kebangsaan yang harus membumikan nilai-nilai kebangsaan kepada seluruh anak bangsa. Rido Hermawan menyampaikan program pada Kedeputian Kebangsaan Lemhannas RI, di antaranya training of trainers (ToT) yang bisa diikuti mulai dari Kepala Desa dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang bisa diikuti oleh organisasi masyarakat. Pada program ToT, Rido Hermawan menyampaikan tujuannya adalah peserta mampu mentransfer nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat, sedangkan program pemantapan nilai-nilai kebangsaan adalah untuk memberikan pemahaman kebangsaan bagi diri masing-masing peserta. Saksikan selengkapnya di Youtube Channel “Podcast Meja Makan”! (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749