Coffee Morning Plt. Gubernur Lemhannas RI dengan Atase Pertahanan Negara Sahabat

Guna meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan atase pertahanan negara-negara sahabat, Lemhannas RI menyelenggarakan Coffee Morning Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah bersama Atase Pertahanan Negara-Negara Sahabat dan Instansi Pemerintah Terkait pada Selasa (5/2) di Ruang Nusantara, Gedung Trigatra Lantai 1, Lemhannas RI. 

Dalam acara yang dihadiri sejumlah atase pertahanan dari berbagai negara sahabat tersebut, Maman Firmansyah menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang telah berjalan selama ini. Sejak tahun 2009 sampai tahun 2023, sebanyak 161 orang dari negara sahabat tercatat telah mengikuti PPRA di Lemhannas RI. Dapat dikatakan bahwa sebagian besar dari peserta berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pada tahun 2024, dalam PPRA 66, terdapat sebanyak delapan peserta dari negara sahabat, yakni berasal dari negara Australia, Arab Saudi, Brunei Darussalam, Fiji, India Malaysia, Singapura Dan Timor Leste.

Sementara pada tahun 2024, Lemhannas RI mengalokasikan sebanyak 10 kuota untuk peserta mancanegara untuk penyelenggaraan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 68 di tahun 2025. Pemberitahuan tentang penerimaan PPRA tersebut sudah disampaikan secara resmi melalui surat penawaran yang dikirim ke atase pertahanan negara sahabat di Jakarta. Diharapkan para negara sahabat dapat mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk mengikuti PPRA 68.

Selain dalam program pendidikan, Lemhannas RI juga akan menyelenggarakan forum internasional, yakni Jakarta Geopolitical Forum pada Juni 2024. Penyelenggaraan JGF diharapkan menjadi sarana berbagi informasi dari sejumlah pakar terkait dengan isu geopolitik dunia. Selain itu, JGF diharapkan dapat menjadi sarana dan media bertukar pikiran para akademisi dan ahli geopolitik untuk mengartikulasikan pandangan dan pengalaman mereka.

JGF Tahun 2024 akan mengangkat tema “Geo Maritime Security Challenges In Indo-Pacific”. Oleh karena itu, diharapkan para atase pertahanan dapat menghadiri kegiatan tersebut. “Lemhannas RI menaruh harapan kepada hadirin sekalian untuk dapat berpartisipasi berupa subject matter expert serta bisa dikembangkan untuk melaksanakan agenda bilateral meeting di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut,” ucap Maman Firmansyah.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Settama Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Raja Erjan H.S. Girsang, S.E., M.M., M.Sc. menyampaikan bahwa kegiatan coffee morning tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan untuk membangun komunikasi dengan negara-negara sahabat yang memiliki perwakilan di Indonesia. “(Kegiatan Coffee Morning) sebagai bentuk komunikasi untuk menjejaki kerja sama dan untuk menyampaikan program-program Lemhannas RI kedepannya,” ungkap Raja Erjan H.S. Girsang.

Melalui kegiatan coffee morning ini, Raja Erjan H.S. Girsang berharap akan terbangun komunikasi dan pemberitahuan sehingga para atase bisa menyampaikan ke negaranya untuk menyiapkan perwakilan dan kesediaan serta kesiapannya untuk mengikuti PPRA.

Salah satu atase pertahanan yang hadir, yakni Atase Pertahanan Singapura ME7 Melvin Gan, dalam sesi wawancara mengucapkan terima kasih atas undangan kegiatan tersebut. ME7 Melvin Gan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat menarik dan penting serta dapat menjadi wadah bertemunya atase pertahanan berbagai negara untuk membahas isu regional dan global di tengah kondisi dunia yang semakin kompleks. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749