Peserta Pelatihan Untuk Pelatih Diharapkan Menjadi Insan Berkarakter Kebangsaan yang Kuat

“Nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan prasyarat mutlak yang harus dijaga demi tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah. Hal tersebut disampaikan dalam Upacara Pembukaan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Secara Virtual Angkatan I Lemhannas RI Tahun 2024 pada Selasa (20/02).

Dilaksanakan pada 20 Februari 2024 sampai 29 Februari 2024, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 170 peserta. Plt. Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc. dalam laporannya menyampaikan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa guna Memelihara dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Lebih lanjut, Plt. Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara majemuk yang kental akan perbedaan. Perbedaan-perbedaan pandangan politik, keragaman suku, budaya, bahasa, etnis, golongan, dan agama merupakan kekayaan yang dapat menjadi kekuatan positif dalam pembangunan bangsa.  Namun di sisi lain, mengandung potensi konflik yang bila tidak dikelola dengan baik akan dapat menjadi titik retak persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, dalam kegiatan tersebut para peserta akan menerima materi-materi yang terkait dengan empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Para peserta juga akan dibekali dengan paradigma nasional, yaitu wawasan nusantara, ketahanan nasional, kewaspadaan nasional dan kepemimpinan nasional. Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta dapat memahami secara utuh dan penuh arti penting dari nilai kebangsaan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Walaupun dilaksanakan secara virtual, Plt. Gubernur Lemhannas RI mengimbau agar seluruh peserta tetap semangat, berkomitmen, dan komunikatif dalam mengikuti serta mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan. “Sehingga menjadi insan yang berkarakter kebangsaan yang kuat,” pungkas Plt. Gubernur Lemhannas RI mengakhiri sambutannya.

Setelah mengikuti Upacara Pembukaan, para peserta mendapatkan pengantar pimpinan dari Plt. Gubernur Lemhannas RI. 

“Kemerdekaan kita bukan pemberian, bukan hadiah, kemerdekaan kita adalah perjuangan dengan pengorbanan,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI kepada seluruh peserta. Lebih lanjut, Plt. Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa setelah merdeka, tumbuh rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Persatuan dan kesatuan tersebut tumbuh dari berbagai unsur sosial budaya masyarakat yang ditempa dalam waktu yang lama.

Plt. Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa hal tersebut harus dihayati. Berbagai keberagaman harus dipahami kemudian diamalkan guna membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang mencakup upaya memperbaiki kondisi kemanusiaan lebih baik dari hari kemarin.

Oleh karena itu, kegiatan Pelatihan Untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) sangat penting untuk diikuti oleh peserta yang nantinya akan menjadi mitra Lemhannas RI dalam menyebarkan wawasan kebangsaan. Lemhannas RI tentunya memiliki keterbatasan untuk menjangkau seluruh bangsa Indonesia. Maka, para peserta yang akan menjadi alumni nantinya akan menjadi perpanjangantangan Lemhannas RI sebagai agen perubahan.

Para alumni diharapkan tidak hanya menyampaikan materi sebagai pelatih, tapi juga membimbing, menginspirasi, dan memberdayakan peserta didik di tempat masing-masing. Selain itu juga menjadi fasilitator yang membantu memperkuat keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi agen perubahan yang efektif dengan memadukan pengalaman praktis dan pengetahuan yang mendalam.

“Bapak dan Ibu harus mendorong peserta didik masing-masing untuk menyeimbangkan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu yang dihadapi dan mempersiapkan mereka untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam mewujudkan perubahan positif dalam masyarakat melalui pendekatan yang terarah, peduli, dan berempati,” pungkas Plt. Gubernur Lemhannas RI. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749