Ibadah dan Perayaan Natal Lemhannas RI: Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi

Persekutuan Umat Kristiani Lemhannas RI menyelenggarakan Ibadah dan Perayaan Natal yang mengangkat tema dari ayat renungan dari Lukas 2:14, “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” pada Rabu (31/1), di Ruang Dwiwarna Purwa, Gedung Pancagatra Lantai 1, Lemhannas RI. 

“Perayaan Natal kali ini mengingatkan kita selaku umat beriman untuk memahami dan meyakini karya agung penyelamatan Tuhan kepada umat manusia sehingga membawa kedamaian dan kesejahteraan di muka bumi,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa hidup rukun dan penuh kasih sayang adalah kewajiban yang merupakan wujud ajaran Tuhan kepada umat manusia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya umat beriman mampu memaknai dan mengimplementasikan kasih dan pesan Natal diantara sesama umat manusia di tengah keberagaman bangsa Indonesia.

Melalui kasih dan peringatan Natal kali ini, Maman Firmansyah juga mengharapkan agar para personel Lemhannas RI dapat terus memperkuat toleransi beragama dan hidup rukun dalam perbedaan yang ada. “Tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran agama dan empat konsensus dasar bangsa Indonesia,” ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, disampaikan Renungan Natal oleh Romo Antonius Suhardi Antara, Pr. dan Pesan Natal oleh Pendeta I Nyoman Agus Praptasutjipta. “Kelahiran Yesus mendorong kita terus berjalan bersama menegakkan kerajaan kasih ditengah berbagai perbedaan,” kata Romo Antonius Suhardi Antara, Pr saat menyampaikan renungan Natal. Menyoroti waktu yang menyambut Pemilu 2024, dalam kesempatan tersebut Romo Antonius Suhardi Antara, Pr mengimbau umat Kristiani untuk selalu menyebarkan benih-benih kebaikan dan damai sejahtera.

Romo Antonius Suhardi Antara, Pr juga menyampaikan bahwa melalui semangat Natal, para personel Lemhannas RI diajak untuk terlibat aktif menata kehidupan berbangsa, bernegara, untuk lebih bermartabat, mendukung kesejahteraan bersama, dan mengutamakan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat. “Marilah kita terus memuliakan Allah melalui upaya-upaya baik kita, khususnya di Lemhannas RI, untuk mewujudkan damai sejahtera,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam Pesan Natal yang disampaikan oleh Pendeta I Nyoman Agus Praptasutjipta, ditekankan bahwa umat Kristiani harus menampilkan jati diri yang baik dan menjadi contoh bagi orang lain. Dalam keseharian haruslah menggunakan bahasa kasih, yakni bahasa yang tidak memperpanjang masalah. Hal tersebut  merupakan upaya dalam menciptakan persekutuan yang harmonis. “Mari kita membina kehidupan baik dengan Tuhan dan dengan sesama,” ungkapnya.

Ketua Panitia Natal Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Raja Ersan H.S. Girsang, S.E., M.M., M.Sc. pada laporan pelaksanaannya menyampaikan bahwa dalam rangka perayaan Natal juga disampaikan Tali Asih Natal kepada anggota Lemhannas RI yang sakit, anggota Lemhannas RI yang berduka, personel pramubakti Lemhannas RI, Lembaga Daya Dharma yang menaungi Panti Disabilitas Tunanetra Keuskupan Agung Jakarta, dan Panti Disabilitas Elsafan, serta lima keluarga PUK Lemhannas RI yang telah purna tugas. Sebelumnya juga telah disampaikan tali asih kepada Panti Asuhan Tangan Kasih dan Panti Asuhan Fajar Baru.

Perayaan Natal tersebut turut dimeriahkan dengan persembahan pujian Paduan Suara Hosiana HKBP Distrik VIII Jakarta, Trio Gondang, dan Paduan Suara Persekutuan Umat Kristen Lemhannas RI. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749