Sekretaris Utama Lemhannas RI Bekali Pengetahuan Lembaga Kepada Peserta PPRA 66

“Selamat kepada anda saudara-saudara semuanya yang sudah lulus dan terpilih untuk berkesempatan mengikuti pendidikan PPRA angkatan 66,” kata Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si kepada para peserta PPRA 66 Lemhannas RI. 

Setelah upacara peresmian Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66, para peserta dibekali pengetahuan tentang Lemhannas RI oleh Panca Putra pada Selasa (30/1), di Ruang NKRI, Gedung Pancagatra Lantai 3, Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Panca Putra menyampaikan sejarah Lemhannas RI yang dibentuk dan diresmikan oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada tanggal 20 Mei 1965. Panca Putra juga mengenalkan warna ciri khas Lemhannas RI, yakni lembayung yang memiliki arti ketenangan dalam bertindak.

Tentang tugas-tugas Lemhannas RI, peserta diinformasikan bahwa Lemhannas RI adalah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pimpinan tingkat nasional, lalu menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis bagi Presiden RI, serta menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Pada kedeputian pendidikan, peserta diinformasikan akan mempelajari enam bidang studi inti Lemhannas RI, yakni empat konsensus dasar bangsa, geopolitik, geostrategi, kewaspadaan nasional, sistem manajemen nasional, dan kepemimpinan nasional.

Selanjutnya kedeputian pengkajian, diinformasikan juga kepada peserta terdapat empat kajian yang dilaksanakan, yakni kajian strategis jangka panjang, kajian strategis jangka pendek, kajian strategis jangka menengah, dan kajian strategis terkini (quick response). Kemudian pada kedeputian pemantapan nilai-nilai kebangsaan, kegiatan yang diselenggarakan adalah pelatihan untuk pelatih, pembinaan dan pelaksanaan pemantapan nilai kebangsaan, perencanaan dan pengembangan pemantapan nilai kebangsaan, serta gebyar wawasan kebangsaan.

Selain tiga kedeputian tersebut, Lemhannas RI juga melakukan penyiapan pelaksanaan sistem dan metode penelitian dan pengukuran ketahanan nasional yang diselenggarakan oleh Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional (Labkurtannas) Lemhannas RI. Lebih lanjut, untuk menjalankan tugasnya menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit kerja Lemhannas RI, Sekretaris Utama dibantu oleh lima biro, yaitu Biro Umum, Biro Perencanaan, Biro Hubungan Masyarakat, Biro Telematika, serta Biro Kerja Sama dan Hukum.

Diakhir paparannya, Panca Putra berpesan kepada para  peserta PPRA 66 agar kelak dapat menjadi pemimpin nasional yang mampu membangun komunikasi, menjadi bapak dan teladan pada kehidupan sehari-hari, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Mengutip kata-kata Ir. Soekarno, Panca Putra menyampaikan kepada para peserta PPRA 66 agar belajar dan berpikir dapat berjalan selaras dalam diri masing-masing.

“Mudah-mudahan menjadi sarana motivasimu untuk terus maju mengembangkan diri khususnya mengikuti proses pendidikan di Lemhannas. Selamat belajar, mudah-mudahan sukses, selesai cepat pada waktunya dan cita-cita anda bisa tercapai dengan baik,” pungkas Panca Putra. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749