Plt. Gubernur Lemhannas RI Sampaikan Empat Pesan Pada Acara Konsolidasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI menyelenggarakan acara konsolidasi tenaga pendidik dan kependidikan pada Rabu (17/1) di Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI. 

Acara tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi para tenaga pendidik dan kependidikan Lemhannas RI terkait pemanfaatan teknologi informasi di Lemhannas RI, paparan dan sosialisasi tentang pembahasan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pelaksanaan (diskusi kelompok, diskusi antar kelompok, diskusi studi kasus), penulisan ilmiah dan juknis penilaian peserta agar dapat dipedomani oleh setiap tenaga pendidik dan kependidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tahun 2024 Lemhannas RI.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh tenaga ahli pengajar, tenaga ahli pengkaji, tenaga profesional dan sejumlah pejabat struktural Lemhannas RI. 

Selanjutnya, Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah menekankan beberapa hal kepada para tenaga pendidik. Hal pertama, yakni Maman Firmansyah berharap para tenaga pendidik dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi terkini saat ini. Kedua, disampaikan juga bahwa dalam menjalankan tugas dan perannya masing-masing, tenaga pendidik harus berpikir, bersikap dan bertindak secara profesional, simpatik, bertanggung jawab serta beretika.

Kemudian yang ketiga, diharapkan para tenaga pendidik dapat memberikan contoh dan keteladanan bagi peserta didik. “Sehingga transformasi dalam pembentukan watak dan karakter sebagai pemimpin tingkat nasional yang handal dapat diwujudkan,” ujar Maman Firmansyah. 

Selanjutnya yang keempat, Maman Firmansyah berpesan agar para tenaga pendidik bisa berperan sebagai motivator yang kreatif, inovatif, visioner, serta memiliki wawasan kebangsaan yang kuat guna memperkuat pola pikir dan pola tindak peserta didik.

Salah satu tenaga profesional Lemhannas RI bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut. Tenaga Profesional Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas RI Dr. Ir. Benny Ranti, M.Sc. menyampaikan paparannya yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Lemhannas RI”.

Pada kesempatan tersebut, Benny Ranti menyampaikan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi yang sangat luar biasa khususnya artificial intelligence (AI) tidak bisa dihindari. Untuk mendukung hal tersebut, perlu aturan yang jelas supaya tidak mendegradasi proses pembelajaran. 

Lebih lanjut, mengacu pada “Reinventing Government”, Benny Ranti juga memaparkan pemerintah wajib mengkaji manfaat ekonomi dari setiap inisiatif teknologi informasi. Benny Ranti menambahkan juga bahwa hal tersebut juga bisa dijadikan topik dalam pengkajian/penelitian Lemhannas RI.

Adapun narasumber lain yang berkesempatan menyampaikan materi dalam acara tersebut, yakni Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc., Tenaga Profesional Bidang Geopolitik dan Wawasan Nusantara Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) Endang Hairudin, S.T., M.M., dan Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749