Awali Tahun 2024, Lemhannas RI Menggelar Upacara Bendera

“Semoga di tahun 2024 dapat menjadikan kita untuk terus dan lebih produktif, berkarya, serta berkinerja lebih baik lagi demi bangsa dan negara,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah saat menjadi inspektur Upacara Bendera Bulanan pada Rabu (17/1), di Lapangan Tengah Lemhannas RI.

Mencermati dinamika politik nasional yang akan menyambut Pemilu serentak dan Pilkada pada 14 Februari 2024 dan 27 November 2024 mendatang, Maman Firmansyah menekankan tiga isu tantangan besar eskalasi politik di Indonesia seperti politik identitas, misinformasi yang terkait dengan hoaks, dan ujaran kebencian. Menurutnya, tantangan-tantangan tersebut muncul pada platform digital yang digunakan oleh masyarakat.

Di sisi lain, sebagai aparat pemerintahan, para personel Lemhannas RI wajib menjaga netralitas. “Saya mengingatkan agar segenap jajaran Lemhannas RI dapat menjaga netralitas politik dan secara cerdas menyikapi suhu politik akibat adanya penyebaran berita bohong atau hoaks oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab yang berpotensi menimbulkan konflik,” ujar Maman Firmansyah.

Maman Firmansyah sendiri juga menekankan kepada seluruh anggota Lemhannas RI agar selalu bersikap waspada dalam menerima dan menyebarkan berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Mengingat Lemhannas RI merupakan lembaga independen yang secara konsisten tidak terlibat dalam politik praktis seperti mendukung salah satu kandidat tertentu.

Terkait dinamika internal kelembagaan, Maman Firmansyah mengapresiasi kinerja dan upaya maksimal dari seluruh anggota dalam pencapaian realisasi program kerja dan anggaran tahun 2023. Kinerja dan upaya maksimal tersebut menorehkan banyak prestasi, salah satunya Lemhannas RI berhasil mencapai realisasi anggaran pada tahun anggaran 2023 sebesar 99.56 persen, mengalami kenaikan sebanyak 0.51 persen dari realisasi anggaran tahun anggaran 2022 sebesar 99.05 persen.

Terkait dengan program kerja dan anggaran 2024, Maman Firmansyah mengajak seluruh jajaran Lemhannas RI untuk mengoptimalkan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian hingga pengawasan di setiap unit kerja secara cermat dan tepat, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas output maupun outcome-nya.

Dalam pelaksanaan kinerja ketiga kedeputian juga ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam bidang pendidikan, Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66 akan dibuka pada 30 Januari 2024. Sedangkan dalam bidang Pengkajian Strategik, Lemhannas akan mengkaji berbagai isu strategis yang berkaitan dengan agenda prioritas pembangunan nasional dan isu geopolitik nasional serta geopolitik global.

Pada bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, pada tahun 2024 akan dilaksanakan beberapa kegiatan pembinaan dan pelaksanaan pemantapan nilai-nilai kebangsaan serta training of trainers atau pelatihan untuk pelatih tahun 2024. Mengingat pentingnya seluruh kegiatan tersebut, Maman Firmansyah mengimbau agar seluruh jajaran berkoordinasi dan mengoptimalkan kinerja masing-masing. “Saya mengharapkan agar seluruh pegawai Lemhannas RI dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam menyukseskan tugas dan fungsi lembaga,” pungkasnya.

Upacara bendera yang dilaksanakan secara rutin ini merupakan salah satu wadah komunikasi dan berbagi informasi antara pimpinan dengan seluruh personel Lemhannas RI, baik terkait dengan berbagai dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maupun dinamika pada kelembagaan. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749