Perhimpunan Alumni Pekerti Indonesia Melakukan Audiensi ke Lemhannas RI

Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah menerima audiensi Perhimpunan Alumni Pekerti Indonesia (PAPI) yang dipimpin oleh Pembina PAPI Prof. Endang Komara M.Si. dan sejumlah pengurus PAPI pada Kamis (11/1), di Ruang Tamu Gubernur, Gedung Trigatra Lantai 1, Lemhannas RI. 

Dalam audiensi tersebut, Maman Firmansyah menjelaskan tiga tugas pokok dan fungsi Lemhannas RI, yakni melaksanakan pendidikan pimpinan tingkat nasional, melakukan pengkajian strategik, dan menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan. “Menurut saya, paling krusial tentang wawasan kebangsaan. Bahwa kita diberi tugas untuk memberikan pemantapan tentang wawasan kebangsaan kepada berbagai tingkatan,” jelasnya.

Sementara Prof. Endang Komara M.Si. menyambut hal tersebut dengan menyampaikan niat kerja sama dengan Lemhannas RI mengenai rencana penguatan nilai-nilai kebangsaan bagi para pengajar perguruan tinggi yang telah mengikuti Program Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti). “Diharapkan kegiatan tersebut akan menjadi pendorong perubahan bagi peserta pelatihan, khususnya dosen dan mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucap Endang Komara.

Dalam audiensi tersebut, Endang Komara juga menjelaskan bahwa PAPI merupakan suatu wadah organisasi yang dibentuk para alumni yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan kepemimpinan dan pembinaan nilai-nilai kebangsaan. Dapat dikatakan bahwa anggota yang tergabung dalam PAPI merupakan garda terdepan dalam melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu, dinilainya anggota PAPI sangat membutuhkan penyegaran pemantapan nilai-nilai kebangsaan dari Lemhannas RI guna memperkuat pemantapan nilai-nilai kebangsaan anggota PAPI.

Maman Firmansyah menyambut baik niat tersebut dan memandang bahwa hal tersebut sejalan dengan salah satu program Lemhannas RI, yakni Pelatihan Untuk Pelatih atau Training of Trainers. Diharapkan niat tersebut dapat ditindaklanjuti segera melalui aksi nyata.

Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur Lemhannas RI, yakni Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P.; Inspektur Lemhannas RI Brigjen Pol. Drs. Sunarwan Sumirat; Kepala Biro Humas Brigjen TNI Suratno, S.I.P.; Kabag Kerma Lugri Kolonel Mar Dr. Agus Salim, S.H., M.Sc., P.S.C., CIQnR., CIQaR.; Kabag Propel Kolonel Inf Drs. Paiman, M.I.P. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749