Rapat Koordinasi Arah Kebijakan Pimpinan Lemhannas RI Tentang Transformasi Lemhannas RI

Rapat Koordinasi Arah Kebijakan Pimpinan Lemhannas RI yang mengangkat tema "Transformasi Lemhannas RI guna Mendukung Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024” digelar pada Senin (15/1), di Ruang Konstitusi, Gedung Trigatra Lantai 3, Lemhannas RI. 

Dalam sesi 2 acara tersebut, Lemhannas RI menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Direktur Pertahanan dan Keamanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI Erik Armundito, ST., MT., Ph.D. dan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Akhmad Hasmy, Ak. 

Mengawali paparannya, Erik Armundito menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 yang memiliki visi terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. 

Tentang kesinambungan kegiatan prioritas nasional (PN) Lemhannas RI dalam RPJMN 2020-2024, terdapat tiga output Lemhannas RI, yakni pemantapan nilai-nilai kebangsaan, training of trainers (TOT), dan dialog wawasan kebangsaan. Erik Armundito juga menegaskan bahwa Lemhannas RI harus lebih memperhatikan kesesuaian target antara perencanaan dan pelaksanaan.

Diakhir paparannya, Erik Armundito menginformasikan tentang program prioritas yang merupakan beberapa turunan dari arahan-arahan pembangunan Indonesia emas. Program prioritas yang terkait dengan Lemhannas RI tersebut, yakni transformasi kelembagaan dan tata kelola ideologi, politik, hukum dan keamanan nasional.

Narasumber selanjutnya, Akhmad Hasmy menyampaikan materi yang berjudul “Reformasi Birokrasi Untuk Mempercepat Terwujudnya Agenda Pembangunan”. Akhmad Hasmy mengutip arahan Presiden Joko Widodo tentang arahan reformasi birokrasi. 

Arahan tersebut adalah birokrasi yang berdampak harus dirasakan langsung ke masyarakat. “Lemhannas itu siapa masyarakatnya, siapa stakeholder nya, tentu harus bisa dipotret secara baik. Sehingga Lemhannas kinerjanya tidak hanya berupa kegiatan, tapi dampak yang bisa dinikmati para stakeholdernya,” ujar Akhmad Hasmy. Arahan Presiden Joko Widodo selanjutnya, yakni reformasi birokrasi bukan hanya tumpukan kertas, dan birokrasi harus berjalan lincah dan cepat.

Selanjutnya, Akhmad Hasmy menyampaikan tentang sasaran reformasi birokrasi (RB) tahun 2020-2024 yang terbagi menjadi RB general dan RB Tematik. RB general adalah RB untuk menciptakan tata kelola pemerintahan digital yang lincah, kolaboratif dan akuntabel serta budaya birokrasi BerAKHLAK dengan ASN yang profesional. Sedangkan RB Tematik adalah RB yang mempercepat pengentasan kemiskinan dan mendorong daya saing Indonesia dengan penyelesaian masalah tata kelola pada berbagai program pengentasan kemiskinan, peningkatan Investasi, akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan, dan RB Tematik Prioritas Presiden.

Terkait perkembangan RB dan manajemen kinerja Lemhannas, Akhmad Hasmy menyampaikan bahwa indeks RB dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) mengalami peningkatan pada tahun 2023. 

Setelah pemaparan dua narasumber tersebut, acara dilanjutkan oleh pengarahan dari Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah. Maman Firmansyah berharap adanya inovasi yang bisa diciptakan salah satu core bisnis Lemhannas RI, yakni pada Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional. Tentang anggaran, Maman Firmansyah berpesan untuk segera dikonsepkan dan diajukan serta harus akif berkoordinasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI dan Kementerian Keuangan RI.

Maman Firmansyah berharap personel Lemhannas RI bertanggung jawab pada kinerja di unit kerjanya masing-masing. “Betul-betul ditingkatkan, paham (dan) mengerti apa yang menjadi tanggung jawabnya. Ini menjadi cambuk kita semua (dan) saya harapkan itu jadi tolak ukur kita semua,” pungkas Maman Firmansyah.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Inspektur, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Deputi Pengkajian Strategik, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, dan Sekretaris Utama Lemhannas RI. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749