Kunjungan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Sejumlah mahasiswa Studi Klinis Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Lampung mengunjungi Lemhannas RI pada Rabu (10/01) di Ruang Syailendra, Gedung Astagatra Lantai 3, Lemhannas RI. Kunjungan mahasiswa tersebut diterima langsung oleh Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P.

Kunjungan yang diikuti 70 mahasiswa dan didampingi 4 dosen, bertujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa dan civitas akademik dalam meningkatkan kompetensi lulusan melalui study experience

Sementara dalam sambutan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI Brigjen TNI Suratno, S.I.P. yang turut menyambut kunjungan tersebut, menyampaikan bahwa dengan memperluas wawasan kebangsaan di Lemhannas RI, diharapkan para mahasiswa bisa menanamkan rasa takut dalam berbuat kesalahan. 

“Mudah-mudahan akan menambah wawasan kita kedepan seperti apa, semakin cinta pada tanah air kita, semakin cinta pada bangsa kita dan semakin cinta lagi pada keluarga kita,” ujar Suratno.

Kunjungan tersebut juga diisi pembekalan wawasan kebangsaan yang disampaikan Agus Arif Fadila. Dirinya menyampaikan rasa bangganya karena dapat mensosialisasikan wawasan kebangsaan yang merupakan salah satu core bisnis Lemhannas RI, terutama kepada generasi Y dan Z.

Menurut Agus Arif Fadila, permasalahan hukum merupakan sebuah agenda nasional yang perlu ditegakkan melalui regulasi yang baik, aparat penegak yang baik serta budaya masyarakat yang baik.

Lebih lanjut, Agus Arif Fadila menyampaikan tugas-tugas Lemhannas RI, yakni menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional, menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis, dan menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Adapun 6 bidang studi inti Lemhannas RI yang Agus Arif Fadila sampaikan kepada para mahasiswa, yaitu empat konsensus dasar bangsa (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika), geopolitik/wawasan nusantara, geostrategi/ketahanan nasional, kewaspadaan nasional, sistem manajemen nasional dan kepemimpinan nasional.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, kemudian diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Lemhannas RI untuk UMM Metro Lampung dan foto bersama. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749