Pelaksanaan Olah Sismennas PPSA 24

Menjelang berakhirnya Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 24, Lemhannas RI menyelenggarakan Olah Sistem Manajemen Nasional (Olah Sismennas) ke-2 PPSA 24 Tahun 2023. Direktur Operasional Pendidikan Lemhannas RI Brigjen TNI R. Djaenudin Selamet, S.E. dalam laporannya saat upacara pembukaan kepada Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI menyampaikan bahwa pelaksanaan Olah Sismennas ke-2 PPSA 24 diselenggarakan mulai Selasa, 19 September 2023 sampai Jumat, 22 September 2023 dengan mengangkat tema “Koordinasi Lintas Sektoral Aparatur Pemerintah dan Pemangku Kepentingan terkait Penyelesaian Masalah Papua”.

“Olah Sismennas merupakan sebuah latihan simulasi hubungan kerja sama, koordinasi, dan sinkronisasi antarkementerian/lembaga untuk menghasilkan dan mengoperasionalkan suatu kebijakan pemerintah,” kata Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional dalam Upacara Pembukaan Olah Sismennas PPSA 24 Tahun 2023 Lemhannas RI.

Tujuan dari Olah Sismennas adalah melatih para peserta dalam proses penyelenggaraan negara, sehingga mampu memahami dan mengambil keputusan dalam kondisi kritis dan membuat kebijakan strategi dalam rangka memecahkan permasalahan nasional yang faktual secara komprehensif, integral, sistemik dan holistik.

Perlu diketahui bahwa dalam skenario Olah Sismennas akan tergambarkan berbagai dinamika kehidupan nasional yang diasumsikan secara logis. Situasi yang dimunculkan dibuat dengan sedemikian rupa sehingga tercipta kesamaan atau kemiripan dengan keadaan dan dinamika yang sesungguhnya. Berbagai dinamika yang digambarkan, baik eksternal maupun internal, akan memengaruhi kehidupan nasional, terutama dalam hal pembangunan nasional yang akan diselenggarakan menjadi lebih dinamis sesuai dengan skenario yang telah direncanakan.

Guna mendukung skenario tersebut, peserta PPSA 24 disusun dalam 13 kementerian/lembaga. Kementerian/Lembaga tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri OS, Kementerian Luar Negeri OS, Kementerian PAN RB OS, Kementerian Sosial OS, Kementerian Kesehatan OS, Kementerian Dikbudristek OS, Kementerian PDDT OS, Kementerian PUPR OS, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan OS, Kementerian Parekraf OS, Kementerian Perhubungan OS, Mabes TNI OS, dan Mabes Polri OS.

Saat upacara penutupan, Direktur Operasional Pendidikan Lemhannas RI melaporkan kepada Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI bahwa pelaksanaan Olah Sismennas ke-2 PPSA 24 telah berjalan dengan baik dan lancar. Secara substansi, tujuan dan sasaran yang diharapkan telah tercapai. Namun, masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, telah dilaksanakan kaji ulang dan evaluasi secara obyektif sebagai dasar untuk perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan Olah Sismennas selanjutnya.

“Berdasarkan laporan dan pengamatan yang saya peroleh, selama pelaksanaan kegiatan Olah Sismennas ini, para peserta telah menunjukkan upaya terbaik dalam menyelesaikan tugas dan peran yang diberikan,” kata Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI. Hal tersebut terlihat dari reaksi peserta dalam menyikapi dinamika dalam berbagai aspek, yaitu ideologi; politik; ekonomi; sosial budaya; pertahanan keamanan; serta permasalahan hambatan dalam upaya penyelesaian masalah Papua. Diharapkan hal-hal yang telah diperoleh selama kegiatan dapat menjadi tambahan bekal bagi peserta PPSA 24 dalam penugasan masing-masing nantinya. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749