Upacara Hari Bela Negara, Sekretaris Utama Lemhannas RI Apresiasi Kinerja Personel Lemhannas RI Sepanjang 2023

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI pada Selasa (19/12).

Tema yang diangkat pada Hari Bela Negara tahun ini adalah “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”. Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam kesempatan tersebut, membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Mengutip amanat Presiden Republik Indonesia, disampaikan bahwa hari bela negara merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicita-citakan.

Adanya tantangan yang semakin tidak terduga, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Jiwa bela negara harus dimiliki bangsa Indonesia sebagai pilar utama yang menjadikan bangsa Indonesia tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

Hal tersebut dikarenakan semangat bela negara membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan. Memiliki jiwa bela negara merupakan tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut, ditegaskan juga bahwa bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI, adalah wujud konkret bela negara.

Pada upacara bela negara tersebut, Sekretaris Utama menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh personel Lemhannas RI atas kinerja dan dedikasinya yang sudah menjalankan tugas selama T.A. 2023 dengan baik. “Kami yakin dan percaya semangat dan dedikasi rekan-rekan, sudah saudara-saudara tunjukkan untuk memberikan pelayanan terbaik dalam rangka pelaksanaan tugas Lemhannas RI,” ujar Panca Putra.

Dengan berakhirnya pelaksanaan tugas T.A 2023, Sekretaris Utama menyampaikan beberapa poin dan yang diharapkan untuk ditindaklanjuti. Pertama, diharapkan pelaksanaan tugas untuk dilakukannya evaluasi sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan dukungan serta semua hal yang berkaitan dengan fasilitas serta pelaksanaan tugas di T.A. 2024.

Lalu yang kedua, pada T.A. 2024 Lemhannas RI akan membuka Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke-66 dan ke-67. Panca Putra berharap kepada Deputi Pendidikan Lemhannas RI dan unit kerja lain yang berkontribusi, untuk mendukung dan mempersiapkan proses belajar mengajar bagi peserta PPRA.

Panca Putra menyampaikan Lemhannas RI akan terus berupaya memperbaiki pelayanannya dalam proses belajar mengajar dengan berbagai kondisi yang ada. “Kita ingin para peserta didik dan hasil didik dari Lemhannas sebagai calon pemimpin nasional memiliki kualitas dan kompetisi yang berdaya sesuai yang diharapkan,” kata Panca Putra.

Sebelum upacara berakhir, Panca Putra mengucapkan selamat Natal kepada personel yang merayakan. Panca Putra berharap peringatan Natal tahun 2023 semakin memperkuat iman dan takwa untuk memberikan pelayanan dan memupuk kekeluargaan di lingkungan Lemhannas RI yang lebih baik serta bersama-sama dapat menyongsong tahun 2024 dengan semangat baru yang dilandasi rasa kekeluargaan di antara seluruh personel Lemhannas RI. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749