The Academy of Military Sciences Delegation of CPLA China Kunjungi Lemhannas RI

Lemhannas RI menerima kunjungan delegasi The Academy of Military Sciences Delegation of CPLA China bertempat di Ruang Nusantara 2 pada Senin, 11 Desember 2023. Kunjungan tersebut dipimpin oleh Head of Department Major General Qian Youwu yang didampingi oleh 6 delegasi lainnya beserta Wakil Atase Pertahanan Kedutaan Besar China di Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi diterima oleh Tenaga Profesional Bidang Hubungan Internasional dan Diplomasi Lemhannas RI Edy Prasetyono, S.Sos., MIS., Ph.D. yang mewakili pimpinan Lemhannas RI. Pada kesempatan itu, Edy Prasetyono menyampaikan paparan terkait situasi keamanan di Asia Tenggara dan isu-isu terkait.

Selain itu, Edy Prasetyono juga menyampaikan situasi keamanan baik dari yang terjadi internal dalam suatu negara, maupun masalah yang terjadi dalam skala keamanan ekstra-regional. Dari perspektif internal, ia menjelaskan berbagai separatisme dan konflik internal seperti yang terjadi di Filipina, Myanmar, dan Indonesia. 

Edy Prasetyono juga menjelaskan mengenai masalah demokrasi dan HAM yang juga masih terjadi pada suku Rohingya. Masalah keamanan non tradisional seperti perubahan iklim dan bencana alam, masalah kesehatan, serta masalah energi juga tidak dapat diabaikan. Sedangkan masalah keamanan yang berskala ekstra-regional adalah seperti konflik antara Amerika Serikat dengan China, batas teritorial Laut China Selatan, serta perang proksi, dan kondisi ASEAN. 

“Kami tidak mau ASEAN menjadi instrumen perang proksi dari kekuatan eksternal. Maka dari itu, persatuan ASEAN dan sentralitas ASEAN adalah kunci stabilitas dan keamanan kawasan,” kata Edy Prasetyono.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, yakni Kabag Kerma Lugri Rokerma dan Hukum Settama Lemhannas RI Kolonel Mar Dr. Agus Salim, Kasubdit Evdokjian Ditprogbangjian Debidjianstrat Lemhannas RI Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A. dan Kabag Penerangan Rohumas Settama Lemhannas RI Kolonel Mar Kusyuwono, S.H. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749