Sejumlah Jajaran PT Pertamina Mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Lemhannas RI

Perkembangan lingkungan strategis perlu menjadi perhatian bagi banyak pihak karena berdampak pada pemahaman dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Menyoroti hal tersebut, pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dinilai semakin dibutuhkan semua pihak, termasuk jajaran PT Pertamina. Oleh karena itu, sebanyak 78 jajaran PT Pertamina mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Lemhannas RI selama 7 hari, dimulai Senin, 6 November 2023 sampai Minggu, 12 November 2023. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud nyata kerja sama antara Lemhannas RI dengan PT Pertamina Training & Consulting.

PT Pertamina diawaki oleh personel-personel yang memiliki beragam latar belakang, pengalaman, dan persepsi serta perbedaan kualitas pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan. Berkenaan dengan hal tersebut, kehadiran para personel PT Pertamina untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman terkait ketahanan nasional, kepemimpinan, dan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, dapat melengkapi tata nilai yang diberlakukan PT Pertamina, yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Kehadiran Bapak dan Ibu di Lemhannas RI merupakan salah satu upaya dan bentuk tanggung jawab moral dalam upaya mengatasi berbagai persoalan bangsa,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah saat menyampaikan sambutannya. Diharapkan setelah mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, para peserta dapat menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan nasional dengan senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Pertamina Training & Consulting Muhammad Shabran Fauzani mengucapkan terima kasih kepada Lemhannas RI atas kolaborasi yang dijalin dalam pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. Lebih lanjut, Direktur Utama PT Pertamina Training & Consulting menyampaikan bahwa sebagai warga negara, merupakan hal yang mutlak untuk menjunjung tinggi nasionalisme dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

“Pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang digagas atas kerja sama PT Pertamina Training & Consulting bersama dengan Lemhanas RI diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kecintaan, dan kebanggaan kita terhadap bangsa Indonesia melalui peran strategis kita sebagai individu profesional dan praktisi,” kata Direktur Utama PT Pertamina Training & Consulting.

Pelaksanaan Pelatihan Nilai-Nilai Kebangsaan dirancang untuk memberikan masukan kepada jajaran PT Pertamina dalam mentransformasikan nilai kebangsaan yang utuh dalam kehidupan sehari-hari. “Mari dengan semangat kita terus tanamkan rasa cinta tanah air dan junjung tinggi nasionalisme dalam sanubari,” pungkas Direktur Utama Pertamina Training and Consulting.

Setelah membuka kegiatan, Plt. Gubernur Lemhannas RI memberikan pengantar pimpinan kepada seluruh peserta. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Gubernur Lemhannas RI mengajak seluruh peserta untuk memahami Indonesia. Untuk memahami Indonesia, diperlukan pengetahuan tentang perjalanan sejarah Indonesia. Oleh karena itu, Plt. Gubernur Lemhannas RI menekankan jangan sampai bangsa Indonesia melupakan sejarahnya.

Untuk mencapai kemerdekaan, Indonesia memiliki kesepakatan bangsa yang diwujudkan dalam Empat Konsensus Dasar Bangsa. Namun, dewasa kini sering kali Empat Konsensus Dasar Bangsa harus dihadapkan pada perkembangan zaman. Oleh karena itu, pemahaman terkait Empat Konsensus Dasar Bangsa perlu diingatkan kembali. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749