Semangat Kolaborasi Pemuda untuk Indonesia Maju

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah. Hal tersebut disampaikan dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 pada Senin (30/10), di Lapangan Tengah Lemhannas RI.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Lemhannas RI yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa untuk mewujudkan harapan Indonesia Maju di masa depan, pemerintah telah membuka kesempatan bagi para pemuda dan pemudi Indonesia untuk berpartisipasi dalam segala bidang. Hal tersebut sejalan dengan tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Semangat Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 juga dituangkan dalam logo yang membentuk stilasi barisan manusia yang menggambarkan kolaborasi dan warna-warni yang dipilih menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Menyoroti dinamika saat ini, perkembangan teknologi dan arus informasi semakin cepat berkembang dan menimbulkan kesenjangan penguasaan teknologi dan informasi antargenerasi. Hal tersebut membuat teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi salah satu fokus utama penugasan yang diemban pemuda. Oleh karena itu, pemuda harus banyak berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia Maju.

“Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor,” ungkap Maman Firmansyah.

Kerja kolaboratif tersebut sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Hal tersebut guna mendukung implementasi koordinasi lintas sektor agar dapat efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). “Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas, serta elemen-elemen lain,” ucap Maman Firmansyah.

Mengakhiri sambutan, Maman Firmansyah mengajak seluruh peserta upacara untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 menjadi momentum yang membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Turut dilaksanakan pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, dan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928. Upacara berjalan dengan khidmat dan dihadiri seluruh pejabat struktural dan personel Lemhannas RI. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749