Hadir Dalam Acara Saran Kebangsaan IKAL Lemhannas, Gubernur Lemhannas RI Sampaikan Momentum Bersejarah Pada Pemilu 2024

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menghadiri acara “Saran Kebangsaan” yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL-Lemhannas) bertempat di Kediaman Ketua Umum DPP IKAL-Lemhannas Jenderal TNI  (Purn) Agum Gumelar, Jakarta Selatan, pada Minggu (17/9).

Acara tersebut merupakan perwujudan dari IKAL-Lemhannas sebagai wadah berhimpunnya puluhan ribu alumni Lemhannas RI yang memiliki tanggung jawab terhadap teraktualisasinya nilai-nilai kebangsaan, tumbuhnya demokrasi yang sehat, serta terpeliharanya persatuan dan kesatuan.

Mendekati Pemilu 2024, IKAL-Lemhannas berdiskusi untuk membahas upaya yang dapat dilakukan para alumni Lemhannas RI guna menjaga kondusifitas menjelang pesta demokrasi.

Pada kesempatan tersebut, Andi Widjajanto memberikan sambutannya dan menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sedang memasuki satu titik krusial. Secara demokratis menjadi krusial karena jika Indonesia berhasil menjalankan pemilu tahun 2024 secara demokratis, maka Indonesia akan satu langkah lagi menuju negara demokrasi matang. Pemilu 2024 akan menjadi pemilu keenam secara demokratis yang bisa kita selenggarakan berturut-turut. 

Begitu satu negara berhasil melakukan tujuh kali pemilu demokratis berturut-turut, maka negara tersebut akan masuk dalam kategori demokrasi matang dan akan banyak peluang yang segera terbuka. “Karena biasanya diikuti dengan institusionalisasi yang kuat, akan diikuti dengan good governance yang lebih kuat dan akan diikuti kepastian hukum yang lebih kuat. Segala sesuatu akan melompat secara signifikan,” ujar Andi Widjajanto.

Lebih lanjut, Andi Widjajanto menyampaikan pada Pemilu 2024 akan menjadi momentum bersejarah. Pertama, secara ekonomi, tahun 2024 pemilu akan diadakan saat Indonesia berada dalam golongan negara menengah atas, sehingga memampukan banyak orang di Indonesia untuk mengakses informasi melalui teknologi. 

Kedua, pemilu 2024 akan menjadi pemilu muda pertama dengan jumlah generasi Y dan Z yang rentang usia 17 sampai 35 tahun akan mendominasi sekitar 57%. Lalu yang ketiga adalah pemilu 2024 untuk pertama kali akan menjadi pemilu perempuan dengan prediksi pemilih perempuan sebanyak 51%.

Lalu yang keempat adalah pemilu 2024 akan menjadi pemilu urban dalam artian banyaknya pemilih yang tinggal di kota. Hal tersebut terlihat dengan adanya pergeseran demografi yang signifikan.

Hal-hal tersebut yang akan menjadi tantangan baru untuk Indonesia dan akan dikaji di Lemhannas RI. Menutup sambutannya, Andi Widjajanto berharap agar kolaborasi Lemhannas dengan IKAL Lemhannas terus bisa dilangsungkan dengan baik dan memampukan keduanya untuk mengawal proses kematangan demokrasi dan mengawal pilar-pilar kebangsaan untuk mendapatkan Indonesia maju tahun 2045.

Adapun pejabat Lemhannas RI yang hadir, yakni Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksda TNI Maman Firmansyah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si., dan Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749