Gubernur Lemhannas RI: Lemhannas RI Harus Menjadi Penjuru dalam Menghadapi Dinamika Geopolitik

“Upacara yang kita lakukan ini selalu mengingatkan saya apa yang betul-betul harus kita perjuangkan sebagai kepentingan kita saat kita berhadapan dengan dinamika global. Itu yang harus kita laksanakan, kita jaga sekuat-kuatnya,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat memberikan amanat pada Upacara Bendera pada (18/9), di Lapangan Tengah Lemhannas RI.

Andi Widjajanto juga menekankan kepada seluruh personel Lemhannas RI untuk selalu mengingat apa yang harus diperjuangkan demi bangsa dan negara dalam kapasitas Lemhannas RI. 

Selain itu, usai mengunjungi Timor Leste, Uni Emirat Arab, dan Turki, Andi Widjajanto melihat tantangan global sudah sangat berbeda dari lima tahun yang lalu. Oleh karena itu, Lemhannas RI yang dimandatkan Presiden Soekarno untuk menjadi sekolah geopolitik harus menjadi penjuru dan menyusun masukan yang sistematis agar pemerintah dapat mengantisipasi dinamika geopolitik yang berkembang.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto juga memperkenalkan pejabat utama Lemhannas RI yang baru saja dilantik, yakni Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksda TNI Maman Firmansyah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Irjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., dan Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P.

Dengan kembali lengkapnya struktur organisasi Lemhannas RI, Andi Widjajanto meyakini akan menambah kekuatan Lemhannas RI dalam menjaga profesionalitas, menjalankan tugas dan kompetensi, serta mempertahankan netralitas di tengah kompetisi politik yang akan terjadi sampai Februari 2024. 

“Mari kita laksanakan tugas-tugas kita sebagai Lemhannas RI. Agar apa yang kita yakini harus kita jaga dalam upacara bendera hari ini bisa kita laksanakan dengan baik,” pungkas Andi Widjajanto. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749