Usai Dilantik, Lemhannas RI Selenggarakan Pisah Sambut Wakil Gubernur, Sekretaris Utama Dan Deputi Kebangsaan

“Hormat saya karena di bagian terakhir penugasan sebagai prajurit, saya akhiri ditempat yang sangat terhormat ini,” kata Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah saat memberikan kesan-kesannya selama menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhannas RI pada acara pisah sambut Wakil Gubernur, Sekretaris Utama, dan Deputi Kebangsaan Lemhannas RI pada Senin (25/9), di Ruang Dwi Warna Purwa, Lemhannas RI.

Sebelumnya pada Jumat (8/9), Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto telah melantik Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah sebagai Wakil Gubernur Lemhannas RI menggantikan Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. sebagai Sekretaris Utama Lemhannas RI menggantikan Komjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, dan Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P sebagai Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI menggantikan Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla.

Pada acara pisah sambut tersebut, Letjen TNI (Purn) Mohamad Sabrar Fadhilah menyampaikan banyaknya pembelajaran dan pengetahuan dalam memahami geopolitik selama menjabat di Lemhannas RI. Rasa terima kasih juga dihaturkan kepada para jajaran pejabat Lemhannas RI, para wakor, taji, dan taprof yang telah memberikan banyak pengalaman pribadi dan telah setia mendampingi. Dirinya juga berharap sebagai lembaga think tank Indonesia, Lemhannas RI terus bisa memberikan pengabdian terbaiknya untuk bangsa dan negara Indonesia. 

Komjen Pol (Purn) Drs. Rudy Sufahriadi turut menyampaikan rasa terima kasihnya pada Gubernur Lemhannas RI beserta jajaran. Dirinya berharap dengan jabatan yang telah diemban di Lemhannas RI bisa menjadi bekal dan semangat untuk melanjutkan perjuangan di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, Laksda TNI (Purn) Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang telah diberikan untuk mengabdi kepada negara oleh Lemhannas RI.

Setelah memberikan kesan pesan oleh pejabat lama Lemhannas RI, Wakil Gubernur Laksda TNI Maman Firmansyah, Sekretaris Utama Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si., dan Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Mayjen TNI Agus Arif Fadila memperkenalkan dirinya kepada pejabat Lemhannas RI. Maman Firmansyah menyampaikan harapannya untuk bimbingan dari Gubernur Lemhannas RI dan jajaran dalam melaksanakan tugas. Maman Firmansyah juga menyampaikan akan menjalankan tugas dengan sekuat-kuatnya dan amanah.

Setelah perkenalan pejabat baru, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyampaikan bahwa tantangan ketika menjabat di Lemhannas RI. Tantangan utamanya adalah menerjemahkan keinginan presiden tentang Lemhannas RI. Sedangkan tantangan terberatnya adalah menerjemahkan keinginan presiden untuk melakukan kajian. 

Sejalan dengan hal tersebut, Andi Widjajanto bersama Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. dengan para direktur pengkajian, tenaga profesional dan tenaga pengkaji secara signifikan merombak hal-hal yang harus dilakukan di pengkajian. Dengan cara yang dilakukan tersebut, Lemhannas RI bisa dengan cepat memberikan data yang dibutuhkan Presiden, Wakil Presiden, sampai Kementerian/Lembaga.

Untuk program pendidikan Lemhannas RI, Andi Widjajanto mengatakan sedang dalam proses perombakan kurikulum yang target pelaksanaannya pada T.A. 2025. Sedangkan pada program kebangsaan, dirinya melihat program ini cepat menemukan bentuknya sehingga relatif berjalan otonom karena substansi materi yang dikembangkan berhasil dirumuskan dengan baik, juga metode yang dirumuskan sudah berjalan baik. “Kalau saya diminta menjelaskan tantangan atau apa yang dirasakan, saya selalu mengatakan saya didampingi oleh tenaga-tenaga yang tahu persis apa yang harus mereka lakukan,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Andi Widjajanto menyampaikan tantangan kedepan yang akan dihadapi bersama Wakil Gubernur Laksda TNI Maman Firmansyah dan Sekretaris Utama Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. adalah memastikan agar kajian dan kurikulum yang sudah dibuat mengacu pada geopolitik, kepemimpinan strategis, nilai kebangsaan, ketahanan nasional astagatra yang komprehensif, manajemen olah sismennas, dan kajian isu-isu strategis yang dibutuhkan presiden bisa terus berlangsung. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749