Lemhannas RI Resmi Membuka Kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi ToBe Institute Angkatan II Dan BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2023

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) kembali menyelenggarakan kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi Alumni ToBe Institute angkatan II dan BPJS Ketenagakerjaan tahun 2023 bertempat di Ruang Gadjah Mada, Lemhannas RI, pada Senin (18/9).

Dalam laporannya, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P menyampaikan bahwa jumlah peserta sebanyak 87 orang yang terdiri dari 60 orang alumni ToBe Institute dan 27 orang dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Kegiatan yang mengangkat tema “Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa Guna Memelihara Dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara” tersebut akan diselenggarakan selama tujuh hari, mulai tanggal 18 hingga 24 September 2023.

Adapun tiga materi yang akan diberikan kepada para peserta, yakni materi dasar, materi utama, dan materi penunjang. Materi dasar terdiri dari wawasan nusantara, ketahanan nasional, kewaspadaan nasional, dan kepemimpinan nasional. Selain itu, terdapat juga materi utama, yakni implementasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kemudian untuk materi ketiga adalah materi penunjang yang terdiri dari pengantar nilai-nilai kebangsaan dan sejarah perjalanan bangsa, perkembangan lingkungan strategis, pembangunan karakter bangsa melalui revolusi mental, dan team building.

Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksda TNI Maman Firmansyah secara resmi membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Maman Firmansyah menyampaikan bahwa perkembangan strategis saat ini tidak dapat terlepas dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada bidang teknologi informasi.

Hal tersebut berdampak pada berbagai informasi yang tidak hanya dapat segera diketahui, namun sangat mudah didapat dengan tidak lagi melihat etika maupun norma-norma yang berlaku.

Selain memiliki dampak positif, kemudahan untuk mengakses informasi tersebut sangat memungkinkan kita semua dapat melihat, memperhatikan, dan bahkan terpengaruh oleh nilai-nilai kehidupan yang dianut oleh bangsa lain. Hal tersebut dapat menjadi  peluang masuknya nilai-nilai kehidupan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan kita.

“Peluang masuknya nilai-nilai tersebut tentu perlu menjadi perhatian bagi kita semua, khususnya bagi Bapak/Ibu sekalian sesuai dengan perannya masing-masing,” kata Wakil Gubernur. 

Lebih lanjut, Wakil Gubernur menyampaikan kehadiran peserta ToBe Institute dan BPJS Ketenagakerjaan di Lemhannas RI merupakan upaya dan bentuk tanggung jawab moral dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa, salah satunya adalah optimalisasi jejaring yang dimiliki untuk menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan nasional yang bersifat fisik maupun non fisik.

Wakil Gubernur berharap kepada peserta agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga peserta dapat memiliki wawasan yang luas serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan secara baik dan benar.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) Dodi Rustandi, S.Ikom selaku badan hukum yang menaungi ToBe Institute mennyampaikan rasa terima kasihnya kepada Lemhannas RI yang telah menerima peserta ToBe Institute untuk bersama memantapkan nilai kebangsaan yang nantinya akan ikut serta bersama pemerintah menguatkan nilai kebangsaan. 

Di akhir acara, Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Abdur Rahman Irsyadi juga menyampaikan apresiasinya kepada Lemhannas RI yang sudah menyelenggarakan program pemantapan nilai-nilai kebangsaan dan rasa terimakasihnya kepada ToBe Institute atas kolaborasi yg dilaksanakan. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749