Peringatan Hari Ibu ke-89, Kaum Perempuan Diharapkan menjadi Sosok Mandiri, Kreatif, dan Inovatif

“Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama-sama dengan kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” jelas Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo ketika membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise saat pelaksanaan Peringatan Hari Ibu pada Senin (8/1) di lapangan Tengah Lemhannas RI.

 

Yohana Yembise dalam sambutan yang dibacakan oleh Gubernur Lemhannas RI tersebut menyampaikan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah melalui perjalanan panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukan dengan kaum laki-laki. Selain itu, momentum Hari Ibu juga dapat dijadikan sebagai refleksi dan renungan mengenai berbagai upaya yang telah dilakukan oleh kaum perempuan di semua bidang pembangunan.

 

Arti penting lainnya dari Peringatan Hari Ibu adalah sebagai suatu upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 

Adanya kesetaraan peran dan kedudukan kaum perempuan dan laki-laki dalam mencapai tujuan nasional melatarbelakangi tema Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 yaitu “ Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”.

 

Tema Peringatan tersebut membahas dua hal penting yaitu meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera, dan bebas kekerasan serta peningkatan ketahanan keluarga untuk mwujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang.

 

Di akhir sambutannya yang dibacakan oleh Gubernur Lemhannas RI, Yohana Yembise mengajak seluruh perempuan untuk terus mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kapabilitas diri agar bersama laki-laki dapat menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749