Penerima Beasiswa L-IUN Ikuti Kuliah Matrikulasi

Mahasiswa Program Magister Ketahanan Nasional (tannas) yang menerima beasiswa S2 Lemhannas-Inter University Network (L-IUN) mengikuti kegiatan kuliah matrikulasi yang berlangsung hari ini, Senin (08/01), hingga Jumat (19/01). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Kerja Sama Lemhannas RI Laksma TNI Budi Setiawan, S.T. di Ruang Arjuna, Gd. Astagatra Lantai III Lemhannas RI, yang mewakili Sekretaris Utama Lemhannas RI karena tidak dapat hadir untuk membuka kegiatan matrikulasi. Dalam sambutannya, Budi Setiawan menyampaikan harapannya agar mahasiswa penerima beasiswa S2 L-IUN dapat menjadi intelektual yang berkontribusi di bidang tannas.

 

“Saya ingin memberikan semangat kepada para mahasiswa agar dapat memberikan makna bagi bangsa ini, kita harus berupaya menggali potensi yang didasari semangat nasionalisme yang tinggi sehingga memiliki karakter dan integritas yang tinggi, terbuka, berwawasan luas, serta mempunyai daya analisa tinggi di bidang tannas,’ ujar Budi.

 

Sementara itu, Kepala Bagian Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri Biro Kerja Sama Edy Rusminandar, S.E., M.A. menjelaskan bahwa para peserta matrikulasi akan menerima pembekalan tentang 6 core Lemhannas RI yaitu ideologi, kewaspadaan nasional, ketahanan nasional, kepemimpinan, wawasan nusantara, dan strategi nasional, serta materi pendukung tentang pengenalan lembaga, sistem pertahanan negara, dan current issues. Pembekalan tersebut akan disampaikan oleh para tenaga pengajar dan tenaga profesional Lemhannas RI, serta perwakilan pengajar dari universitas terkait.

 

Beasiswa L-IUN sendiri, merupakan program kerja sama Lemhannas RI dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI yang menjalin kerja sama dengan Program Magister Ketahanan Nasional di Universitas Indonesia dan mahasiswa yang telah diterima di Program Magister (S2) Ketahanan Nasional Universitas Indonesia (UI) dan Program Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada (UGM). Beasiswa pada tahun 2018 ini merupakan program L-IUN angkatan IV yang terdiri dari 10 mahasiswa. Dari 10 orang mahasiswa penerima beasiswa L-IUN, 4 diantaranya merupakan mahasiswa prodi tannas UGM dan 6 lainnya merupakan mahasiswa prodi tannas UI.

 

Selain diikuti oleh 10 orang mahasiswa penerima beasiswa S2 L-IUN, terdapat 7 mahasiswa lain (mahasiswa partisipasi) yang secara sukarela (tidak wajib) mengikuti kegiatan matrikulasi di Lemhannas RI. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang menerima beasiswa dari instansi lain seperti dari Kementerian Pertahanan, kementerian lain dan/atau pemerintah daerah.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749