Gubernur Lemhannas RI Menjadi Pembicara pada Webinar Energy Insight

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Andi Widjajanto, menjadi narasumber pada webinar The Ensight dengan tema “Disrupsi Masif di Pasar Energi Global: Pembelajaran bagi Ketahanan Energi Indonesia”. Program yang diselenggarakan oleh Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) tersebut digelar pada Sabtu (23/4).

 Gubernur Lemhannas RI pada awal paparannya menampilkan kurva fluktuasi harga energi global. Ia kemudian mengatakan tidak ada pihak yang dapat menstabilkan harga energi. "Pada dasarnya kalau melihat fluktuasi dari harga energi global ini kita bisa menyimpulkan tidak ada satu aktor pun di dunia ini yang bisa melakukan stabilisasi harga," ungkap Gubernur Lemhannas RI saat menjelaskan kurva instabilitas harga energi global.

 Gubernur Lemhannas RI kemudian menyampaikan bahwa fluktuasi volume komoditas energi dipengaruhi oleh dinamika geopolitik global. “Gangguan-gangguan di geopolitik sering mendorong volume dari perdagangan komoditas energi menjadi fluktuatif,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

 The Ensight, yang merupakan kependekan dari Energy Insight, kali ini mengulas disrupsi masif pasar energi global serta dampaknya pada sektor energi, ketahanan energi, serta perekonomian Indonesia dengan menghadirkan dua orang narasumber. Selain Gubernur Andi, PYC juga menghadirkan Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara, Arcandra Tahar, sebagai pembicara pada webinar seri ini. (CL/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749