Gubernur Lemhannas RI Menerima Audiensi IKAL Strategis Center

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) Strategis Center (SC) di Ruang Tamu Gubernur, Gedung Trigatra, Lemhannas RI, pada Jum’at (22/04).

Hadir dalam audiensi tersebut, Ketua IKAL SC Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa S, Wakil Ketua II IKAL SC Komjen Pol (Purn) Dr. Drs. Ito Sumardi, DS., S.H., M.H., M.B.A., M.M., Sekretaris Jenderal IKAL SC Laksda TNI (Purn) Dr. Surya Wiranto, S.H., M.H., Wakil Sekretaris Jenderal IKAL SC Dr. Dra. Nieta Hidayani, M.B.A., M.M., Ir. Muhamad Hanafi, M.B.A., IPM dan Bendahara Rahmat Harsono.

Pada kesempatan tersebut, Ketua IKAL SC menjelaskan bahwa IKAL SC merupakan lembaga think tank otonom. Produk yang dihasilkan dari IKAL SC diserahkan kepada Ketua Umum IKAL SC, kemudian hasil kajian tersebut disampaikan kepada stakeholders terkait, mulai Presiden, Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Kementerian. Ketua IKAL SC menjelaskan bahwa IKAL SC dibentuk untuk menyatukan potensi dari para alumni karena jumlahnya yang besar dan mempunyai latar belakang pendidikan dan pengalaman yang beraneka ragam. “Namun demikian, sebagai organisasi yang baru tentu kami sedang mencari semacam bentuk untuk pengembangan supaya lembaga think tank ini ke depan bisa lebih kuat lagi,” tutur Ketua IKAL SC.

Harapan IKAL SC selain mencari dukungan untuk pengembangan organisasi yang optimal juga dapat bersinergi bersama Lemhannas RI. Menurut Ketua IKAL SC, ada tanggung jawab moral dari para alumni yang dididik Di Lemhannas RI untuk mencurahkan pikiran dalam rangka membangun masa depan negara yang lebih baik.

Gubernur Lemhannas RI menanggapi dengan baik adanya keberadaan IKAL SC sebagai mitra strategis utama Lemhannas RI dalam melakukan kajian-kajian. Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan bahwa atas arahan dari Presiden, Lemhannas RI diminta untuk fokus ke lima isu, yakni ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, ketahanan IKN, dan konsolidasi demokrasi serta tambahan dari Wakil Presiden untuk mengkaji Papua.

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI juga menyambut niat kolaborasi IKAL SC dengan Lemhannas dengan baik. Saat ini Gubernur Lemhannas RI sedang membangun tim untuk mengkaji dengan Papua dan IKAL SC bisa menjadi bagian dalam tim tersebut.

Turut mendampingi Gubernur Lemhannas RI, Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nili Kebangsaan Laksda TNI Prasetya Nugraha, Karo Kerma dan Hukum Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han)., dan Kepala Biro Humas Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749