Lemhannas RI Gelar FGD Kajian Jangka Panjang Konflik Sosial Pemilu 2024

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melalui Deputi Bidang Pengkajian Strategik menyusun Kajian Jangka Panjang Bidang Hankam tentang “Konflik Sosial dalam Pemilu dan Pencegahannya untuk Menyukseskan Pemilu 2024”. Sebagai tahap awal penyusunan kajian tersebut, Lemhannas RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) secara hybrid dengan menghadirkan sejumlah narasumber pada Kamis, 21 April 2022.

 

Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. menyampaikan hal-hal yang melatarbelakangi perlunya kajian mengenai topik tersebut. Ia mengatakan bahwa dalam rencana pemilu serentak pada tahun 2024, terdapat sejumlah kepala daerah yang masa jabatannya habis sebelum pelaksanaan pemilu sehingga perlu diisi dengan pejabat sementara kepala daerah yang akan ditunjuk oleh Presiden. Kondisi ini berpotensi menimbulkan perselisihan politik yang dapat menjadi pemicu timbulnya konflik terutama pada Pemilu 2024.

 

Sebab lain yang mendasari perlunya dilakukan kajian adalah kerap terjadinya konflik antarkelompok masyarakat di beberapa daerah saat pemilihan kepala daerah (pilkada). Potensi terjadinya kerusuhan pada Pemilu 2024 penting untuk diantisipasi sejak dini mengingat pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu serentak yang salah satunya untuk memilih kepala daerah di banyak wilayah di Indonesia.

 

"Apabila karena sesuatu hal, kerusuhan tersebut sampai terjadi di sebagian besar daerah pemilihan, tentu hal ini akan sangat sulit ditangani oleh aparat keamanan dan akan dapat berpengaruh langsung terhadap kondisi kamtibmas dan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024," tutur Reni.

 

Adapun narasumber yang hadir yaitu Asisten Deputi Koordinasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik mewakili Deputi Koordinator Politik dalam Negeri Kemenko Polhukam RI Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia BSSN mewakili Deputi bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN RI Giyanto Awan Sularso, S.Kom., M.M., Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini, Peneliti Senior Netgrit dan Presidium Nasional Jaringan Demokrasi Indonesia Drs. Hadar Nafis Gumay, M.A., Pakar Konflik Universitas Indonesia Dr. Ichsan Malik, M.Si., Pengamat Intelijen Ridlwan Habib, M.Si., Dekan Fakultas Psikologi UI Dr. Bagus Takwin, M.Hum., dan Peneliti CSIS Dr. J Kristiadi. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749