Penandatanganan Nota Kesepahaman Lemhannas RI dengan Media Group Network

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Sarana Dinamika Jaya (Media Group Network). Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan bertempat di Ruang Nusantara, Gedung Trigatra Lemhannas RI pada Rabu, 18 Mei 2022. Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut mengatur publikasi dan sosialisasi terkait kegiatan yang diselenggarakan dan peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan. Nota kesepahaman tersebut akan berlaku sampai lima tahun setelah ditandatangani.

“Kita sangat berharap kerja sama ini akan terus berlanjut dengan Lemhannas RI,” kata CEO PT. Sarana Dinamika Jaya (Media Group Network) Mohammad Mirdal Akib. Nota kesepahaman tersebut diharapkan akan berlanjut menjadi kerja sama strategis dalam bentuk konkret. “Mulai dari peliputan dan pelatihan bahkan sampai menghasilkan sumber program-program baru yang bisa sama-sama memberikan manfaat bagi kedua organisasi,” lanjut CEO PT. Sarana Dinamika Jaya (Media Group Network). Diharapkan kerja sama tersebut akan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Menurut Gubernur Lemhannas RI, saat ini media sudah menjadi pilar keempat negara. “Media sudah menjadi pilar keempat (negara) dan tidak mungkin kami di Lemhannas RI melakukan kajian dan pemantapan nilai kebangsaan jika tidak didukung oleh media, terutama dari teman-teman Media Group,” ujar Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto. Oleh karena itu, diharapkan kerja sama tersebut akan dilaksanakan secara konkret. Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI mengarahkan agar nota kesepahaman tersebut dioperasionalkan untuk memetakan apa yang bisa dikerjakan sesama.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Lemhannas RI didirikan pada 20 Mei 1965 oleh Bung Karno. Lemhannas RI dirancang sebagai sekolah geopolitik. Maka Lemhannas RI harus menjadi pakar geografi dan pakar politik untuk menjelma menjadi sekolah geopolitik. “Saya yakin dengan dukungan teman-teman Media Group, mandat yang dulu diberikan oleh Bung Karno kepada kami di Lemhannas RI sampai mandat dari Pak Jokowi bisa kami jalankan dengan lebih baik,” pungkas Gubernur Lemhannas RI.

         Penandatanganan nota kesepahaman tersebut disaksikan oleh sejumlah pejabat kedua instansi. Hadir dari Media Group Network, yakni President Director Metro TV Bapak Don Bosco Selamun, Direktur Utama Media Indonesia Firdaus Dayat,  Direktur Utama Media Indonesia Firdaus Dayat, Pimpinan Redaksi Medcom.id Indra Maulana, Deputi Direktur Pengembangan Bisnis Media Indonesia F. Saiful Bachrie, News Director Metro TV Arief Suditomo, serta Sales & Marketing Director Metro TV Meniek Andini.

Turut hadir dari Lemhannas RI, yaitu Wakil Gubernur Lemhannas RI Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han)., serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749