HUT Ke-57, Keluarga Besar Lemhannas RI Luncurkan 57 Buku

“Terima kasih karena buku oleh keluarga besar Lemhannas telah diluncurkan,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto. Hal tersebut disampaikan Gubernur Lemhannas RI saat Orasi Ilmiah dan Peluncuran Buku dalam Rangka HUT Ke-57 Lemhannas RI bertempat di Gedung Dwi Warna Purwa, Lemhannas RI pada Kamis, 19 Mei 2022.

Seusai Gubernur Lemhannas RI menyampaikan orasi ilmiah, dilaksanakan Peluncuran Buku yang merupakan karya keluarga besar Lemhannas RI. Sebanyak 57 judul buku dari sejumlah penulis diluncurkan. Seluruh penulis merupakan keluarga besar Lemhannas RI, yakni Tajar, Taji, dan Taprof Lemhannas RI, personel Lemhannas RI, peserta PPRA 63 Lemhannas RI, alumni pendidikan Lemhannas RI, dan IKAL Kebangsaan.

Hadir sebagai penulis dan panelis pada diskusi panel, yaitu Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto (penulis buku Transformasi Perang Darat 2045), Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A. yang juga Alumni PPSA 18 Lemhannas RI (penulis buku Transformasi dan Adaptasi di Masa Pandemi Covid-19), dan Dosen Pascasarjana UI Prodi Ketahanan Nasional Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si. yang merupakan Peserta PPRA 63 Lemhannas RI (penulis buku Ketahanan Nasional Teori, Adaptasi dan Strategi).

Gubernur Lemhannas RI mengatakan bahwa buku Transformasi Perang Darat 2045 dirancang sebagai bahan ajar. Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa pada 5 Oktober 2021, saat HUT ke-76 TNI, Presiden Joko Widodo memberi amanat agar TNI melakukan transformasi pertahanan sebagai kelanjutan dari proses reformasi militer untuk membentuk kekuatan pertahanan Indonesia. Saat itu ada dua terminologi baru yang digunakan Presiden, yakni transformasi pertahanan dan kekuatan pertahanan Indonesia. “Terminologi spesifik tersebut membuat kita melakukan perubahan paradigmatik bagaimana kita melihat revolusi organisasi militer Indonesia,” ujar Gubernur Lemhannas RI. Sejalan dengan hal tersebut, buku Transformasi Perang Darat 2045 menawarkan bagaimana arahan Presiden Joko Widodo dapat dioperasionalkan menjadi peta jalan menuju 2045.

Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A. menyampaikan bahwa dalam buku yang ditulisnya, tertuang hal-hal yang terkait dengan bagaimana menjaga kedaulatan dan harmonisasi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Selanjutnya dalam buku tersebut juga tertuang pentingnya integrasi antara keilmuan yang satu dengan keilmuan yang lain. “Integrasi ilmu sekarang ini penting karena tidak ada satu cabang ilmu yang berdiri sendiri, semua pasti berkait,” kata Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si. menjelaskan bahwa buku yang ditulisnya berisi metode pendekatan yang dapat dilakukan sebagai alat ukur berbagai macam parameter yang akan mempengaruhi ketahanan sebuah negara. Lebih lanjut, Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si. menjelaskan bahwa penting untuk sebuah negara memiliki kemampuan adaptasi. Kemampuan adaptasi dapat membuat suatu negara kembali bangkit dan menyusun strategi kekuatan setelah menghadapi guncangan dan krisis. “Ketahanan nasional sebuah negara itu diuji justru pada saat krisis, bukan disaat stabil,” kata Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut periode 2012-2014 Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M., Wakil Gubernur Lemhannas RI periode 2019-2022 Marsdya TNI (Purn) Wieko Syofyan, Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono, Wakil KASAD Letjen TNI Agus Subiyanto, Wakil KASAL Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asisten Personel KASAU Marsda TNI Elianto Susetio, Wakil Kalemdiklat Polri Irjen Pol Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si., Wakil Ketua Umum I IKAL Dr. Ir. Mustafa Abubakar, M.Si., Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc. serta sejumlah pejabat Lemhannas RI. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749