Jelang HUT ke-57, Lemhannas RI Laksanakan Ziarah Kebangsaan

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto melaksanakan ziarah kebangsaan ke makam Ir. Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Ziarah kebangsaan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022. Kegiatan diawali dengan upacara ziarah, dilanjutkan dengan doa dan tabur bunga di pusara makam Ir. Soekarno.

“Dalam rangka 57 tahun Lemhannas RI, hari ini kami berziarah untuk mengenang jasa pengabdian dan perjuangan Bung Karno sekaligus meneguhkan kembali tekad dan komitmen kami untuk meneruskan apa yang dulu menjadi arahan Bung Karno pada 20 Mei 1965,” kata Gubernur Lemhannas RI usai melakukan ziarah. Bung Karno merupakan sosok yang sangat berjasa dan penting bagi Lemhannas RI, melalui gagasannya Lemhannas RI dibentuk dan diresmikan.

Lebih lanjut Gubernur Lemhannas RI menyampaikan peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional Era Geopolitik 5.0”. Gubernur Lemhannas RI berpendapat bahwa dalam era geopolitik 5.0, terjadi banyak pergeseran kekuatan. Dulu kekuatan sebagai kekuatan militer dan kekuatan ekonomi, sekarang beralih ke kekuatan digital dan kekuatan konektivitas infrastruktur. Menyoroti hal tersebut, teknologi menjadi hal yang harus diperkuat dan dikuasai, terlebih oleh generasi muda. “Tanpa adanya penguasaan teknologi, tanpa adanya kemampuan adopsi teknologi, susah bagi kita untuk mengejar perubahan-perubahan bentuk kekuatan baru terutama yang terkait dengan digital, artificial intelligence, dan juga konektivitas,” pungkas Gubernur Lemhannas RI.

Gubernur Lemhannas RI melakukan ziarah kebangsaan dan tabur bunga bersama jajaran pimpinan Lemhannas RI yang terdiri dari, Wakil Gubernur Lemhannas RI Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., serta sejumlah Pejabat Struktural Lemhannas RI.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi dan UKM RI Drs. Teten Masduki, Anggota DPR RI Hasto Kristiyanto, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, Bapak Makmur Keliat, dan Bapak Iis Gindarsah. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749