Gubernur Lemhannas RI: Ziarah Kebangsaan Mengingatkan Kembali Arahan dan Mandat Bung Karno

“Ketika mendirikan Lemhannas RI, Bung Karno memberi mandat agar Lemhannas RI menyiapkan kader-kader kepemimpinan nasional yang memahami dinamika geopolitik,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto. Hal tersebut disampaikan Gubernur Lemhannas RI saat menjadi narasumber pada Talkshow Sudut Pandang di TVRI Jawa Timur pada Jumat, 13 Mei 2022. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani.

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa untuk menjalankan mandat dan arahan Ir. Soekarno tersebut, peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional Era Geopolitik 5.0”. Tema tersebut diangkat sebagai langkah transformasi ke depan agar tetap relevan dengan perkembangan geopolitik yang memasuki era 5.0.

“Geopolitik 5.0 ini terkait dengan teknologi, terkait dengan digital, terkait dengan infrastruktur, terkait dengan konektivitas. Di situlah Lemhannas RI harus mentransformasi diri agar kajian-kajian yang dilakukan, terutama tentang geopolitik, tetap relevan dengan perkembangan-perkembangan terkini,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Gubernur berpendapat bahwa dunia dan teknologi berubah dengan cepat. Dalam menghadapi tersebut, diperlukan penguasaan teknologi dan adopsi teknologi. Kunci untuk menguasai dan mengadopsi teknologi adalah peningkatan sumber daya manusia yang dimulai dari pendidikan. “Sekarang kita benar-benar harus melakukan terobosan-terobosan sehingga pendidikan yang kita berikan ke anak-anak kita, termasuk kami di Lemhannas RI memberikan pendidikan kepada kader-kader kepemimpinan strategis nasional, betul-betul siap masuk ke era ketahanan nasional geopolitik 5.0,” tutur Gubernur Lemhannas RI.

Diharapkan apa yang dirancang Ir. Soekarno tentang Indonesia sebagai negara utama di kawasan dan di dunia yang mampu melakukan proyeksi geopolitik dapat terwujud. Hal tersebut harus betul-betul dijalankan Lemhannas RI. “Berziarah ke makam Bapak Bangsa, ke Bapak Pendiri Lemhannas RI untuk melakukan napak tilas agar kami ingat dan yakin kembali apa yang menjadi arahan dan mandat Bung Karno ketika Bung Karno memberikan pidato di Istana Negara tentang Lemhannas pada 20 Mei 1965,” pungkas Gubernur Lemhannas RI.

Talkshow tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Gubernur Lemhannas RI saat ziarah kebangsaan ke makam Ir. Soekarno di Blitar. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749