Gubernur Lemhannas RI Hadiri Rapat Koordinasi KSP

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto hadir dan memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Kedeputian V Kantor Staf Presiden bertempat di Hotel Pullman Jakarta pada Selasa, 15 Maret 2022. 

Mengutip dari Kantor Staf Presiden,  kegiatan tersebut bertujuan untuk mensinergikan kerja pemerintah di bidang politik, hukum, pertahanan, keamanan, HAM, antikorupsi dan reformasi birokrasi, keagamaan, dan Kawasan Timur Indonesia/Papua.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan isu strategis pada bidang politik, hukum, dan HAM  tahun 2022 sampai 2024. Pertama, Pengesahan UU Ibu Kota Negara (IKN). Terkait  dengan pembangunan fisik,  Lemhannas RI melalui Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan akan melaksanakan program Pemantapan Kebangsaan di sekitar IKN.

Kedua, konflik Rusia-Ukraina. Gubernur Lemhannas RI memandang strategi Rusia yang tidak menggelar teknologi terbaru yang dimilikinya sebagai hal yang harus diperhatikan. 

“Rusia memiliki kemampuan untuk menyelesaikan perang dengan cara cepat, tapi juga memiliki peluang untuk memperlama konflik,” ujar Gubernur Lemhannas RI. Ketiga, Indonesia menyerahkan Presidensi G20 ke negara selanjutnya dan Indonesia akan menerima presidensi KTT ASEAN.

Ketiga, berkenaan dengan Tujuh Gubernur Daerah yang akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2022, termasuk Gubernur DKI Jakarta. Gubernur Andi meminta pemerintah dan penyelenggara pemilihan daerah untuk menjaga kepercayaan publik dan berlaku objektif.  

“Kami di Lemhannas RI memang ada fungsi tugas untuk memberikan kajian-kajian strategis kepada Presiden RI melalui Menko Polhukam RI.  Akan sangat baik bila ada sinergi dengan KSP untuk memperkuat,” kata Gubernur Andi. Harapannya, kajian-kajian strategis yang dikeluarkan Lemhannas RI dapat bermanfaat bagi publik. 

Turut hadir dan memberikan sambutan dalam rapat tersebut, yakni Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., Menko Bidang PMK RI  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., serta Menko Bidang Polhukam RI Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749