Gubernur Lemhannas RI Hadiri Rapim TNI Angkatan Udara

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menjadi salah satu narasumber dalam Rapat Pimpinan TNI Angkatan Udara di  Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat, 4 Maret 2022. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan mengenai Indonesia 2045. “Jika ingin menyusun skenario pembangunan dan skenario perencanaan, Indonesia harus menyiapkan diri dengan berbagai kompleksitas variabel,” kata Gubernur Andi di hadapan para pimpinan tinggi TNI AU. 

Dalam penyusunan tersebut, Indonesia harus memperhatikan bagaimana dinamika lingkungan strategis seperti memperhatikan karakter perang abad ke-21 dan pergeseran yang harus diantisipasi di Indonesia serta menyiapkan skenario.

“Yang selama ini kita sebut sebagai posisi strategis Indonesia dengan diapit dua samudera dan diapit dua benua, kalau kita tidak bisa memproyeksikan kekuatan kita maka posisi strategis itu segera berubah menjadi kerawanan strategis,” kata Gubernur Lemhannas RI. 

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa tugas seluruh pihak untuk memastikan kerawanan strategis tersebut tidak terjadi. Dalam hal tersebut, Lemhannas RI sendiri bertugas memastikan kerawanan strategis tersebut bisa teratasi dengan meningkatkan konsep ketahanan nasional melalui gatra-gatra di ketahanan nasional.

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menekankan amanat Presiden RI dalam HUT TNI ke-75. “Pada saat itu Presiden RI mengingatkan kita, perang masa depan kemungkinan akan memiliki karakter yang baru, memiliki karakter yang berubah, dan karakter ini sangat-sangat cocok sebagai tantangan ke depan untuk transformasi,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Karakter baru yang dimaksud adalah perang masa depan akan berbasis teknologi. Menurut Gubernur Lemhannas RI, perang yang berbasis teknologi memiliki daya hancur yang sangat tinggi. Dapat dikatakan satu pertempuran dapat langsung menentukan hasilnya. Oleh karena itu, harus benar-benar diamati teknologi dalam pertahanan.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749