Gubernur Lemhannas RI Menerima Audiensi IKAL

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi dari Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) pada Rabu, 2 Maret 2022. 

Rombongan IKAL hadir dengan dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, M.Sc. yang didampingi oleh Wakil Ketua Umum I Dr. Ir. Mustafa Abubakar, M.Si., Wakil Ketua Umum II Komjen Pol. (Purn) Drs. Togar Manatar Sianipar, M.Si., Sekretaris Jenderal Marsdya TNI (Purn) Daryatmo, S.IP., Ketua IKAL Strategic Center Prof. Dr. der Soz. Gumilar Ruliwa Somantri, dan Pimpinan IKAL TV Dra. Ida Parwati.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan tiga hal yang menjadi arahan Presiden RI untuk ditindaklanjuti. “Pertama, melakukan transformasi Lemhannas RI. Transformasi tersebut dimaksudkan agar Lemhannas RI selalu relevan dengan perkembangan saat ini, terutama perkembangan dunia yang semakin digital,” kata Gubernur Andi. 

Selain itu, ia juga menyebutkan urgensi transformasi lainnya, yakni menata ulang penjenjangan pendidikan kepemimpinan nasional, bukan dimaksudkan diintegrasikan tetapi memiliki penjenjangan standarisasi yang jelas.

Kedua, dalam sisi kajian diarahkan untuk membuat kajian mengenai ketahanan Ibu Kota Negara (IKN). Kajian lainnya yang diharapkan adalah mengenai pemikiran dengan substansi dasar yang dimiliki Lemhannas RI, misalnya mengenai Pancasila. Dalam kajian tersebut membahas bahwa Pancasila adalah ideologi yang dinamis yang tetap relevan dengan perkembangan. “Jangan sampai generasi muda kita melihat Pancasila itu seolah-olah dokumen tua,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Ketiga, Lemhannas RI diharapkan membuat proyeksi geopolitik Indonesia ke 2045, sehingga Indonesia menjadi kekuatan utama di 2045. “Dengan pengalaman saya yang terbatas, tentunya akan jauh lebih kaya apa yang kami hasilkan kalau ada interaksi rutin yang dilakukan antara kami di Lemhannas RI dengan Pak Agum Gumelar dengan jejaring IKAL,” tutur Gubernur Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum IKAL menilai ketiga arahan tersebut merupakan hal yang sangat mulia. “Tidak ada kata lain buat kita IKAL, saya rasa kita harus membantu,” tutur Ketua Umum IKAL. Lebih lanjut, Ketua Umum IKAL menyampaikan bahwa IKAL saat ini sudah memiliki IKAL Strategic Center. IKAL Strategic Center memiliki tugas untuk melakukan pengkajian terhadap setiap masalah-masalah yang muncul di percaturan politik yang bernilai strategis.

Ketua Umum IKAL juga melaporkan saat ini IKAL memiliki 34 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan juga memiliki Dewan Pimpinan Angkatan (DPA), baik dari pendidikan reguler dan pendidikan singkat. Untuk Alumni Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan saat ini juga tergabung sebagai anggota luar biasa, hal tersebut bertujuan agar dapat dilakukan kontrol terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

“Kami selalu menekankan ketika anda (anggota IKAL) berbaju IKAL, maka orientasinya adalah untuk bangsa dan negara,” ujar Ketua Umum IKAL. Oleh karena itu, ada dua ciri yang selalu ditekankan kepada setiap anggota IKAL. Pertama adalah berwatak pejuang, artinya selalu peduli terhadap perkembangan situasi dan kondisi bangsa. Kedua, yakni berwawasan negarawan yang artinya seluruh pikiran dan tindakan diorientasikan untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Atas ciri seperti itu, kami berusaha untuk sumbangsih pemikiran ini dan kami selalu berpegang dan berkeyakinan bahwa di negeri tercinta ini, di republik tercinta ini, tidak akan pernah ada seorang pemimpin, seorang presiden yang menginginkan rakyatnya sengsara,” pungkas Ketua Umum IKAL. Menurut Ketua Umum IKAL, yang ada adalah seni seorang pemimpin dalam mengenali suatu permasalahan yang dihadapi dan seni dalam mencari solusi yang paling tepat dan bijak untuk mengatasi masalah tersebut.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., dan Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749